Notification

×

Iklan

Iklan

Tradisi Campur Bawur Desa Gadu Sambong Blora 2024

Jumat, 18 Oktober 2024 | 21.29 WIB Last Updated 2024-10-18T14:29:51Z


Jurnalis : Suparmin 

Blora, PANI News.- Kegiatan Campur Bawur yang dilaksanakan di Balai Desa Gadu, Kecamatan Sambong, Kabupatrn Blora, pada 18/10/2024.


Saat sambutan Kepala Desa Gadu, Andik Subeno,A.Md kepada warganya, "Kepada semua warga untuk menjaga kesehatannya, njih, karena saat ini banyak yang terjangkit demam berdarah (DB).

Kalau bisa diusahakan banyak-banyaklah berolah raga, dari itu mari kita bersama-sama menjaga dan membersihkan lingkungan.

Jangan lupa 3M, yaitu Menutup bak mandi, Menguras air yang terlalu lama, dan maksimal dalam tiga hari ada pengurasan, Mengubur sampah yang dalam biar tidak terjadi sarang nyamuk, Utamakan (PSN) Pembasmian sarang nyamuk, lebih dari itu, kepada perangkat desa hingga rt/rw untuk bergotong royong membersihkan lingkungannya". Ungkapnya.

Selain itu, sesuai acara Campur Bawur, Sutrisno yang merupakan Kasi pelayanan, saat dikonfirmasi media mengatakan, "Kegiatan Campur Bawur ini memang beda dengan Sedekah Bumi, bedanya adalah, kegiatan Campur Bawur ini dilaksanakan setiap hari Jum'at Pon sekitar pukul 10.00 sampai 11.00 wib, dan yang ada isi di dalam tumpeng atau berkat, adalah nasi, lauk pauk dan, yang dibawahnya nasi ada Apem, Apem untuk kades dan perangkatnya sejumlah 24 biji, sedangkan Apem untuk warga masyarakat 14 biji.

Untuk tradisi ini dilaksakan setahun sekali, setelah icir dan nyebar benih, atau dikatakan musim labuh, dibulan Oktober maupun November". Pungkasnya.

Tabuh khentongan sebagai simbolis, kenthongan pertama warga masyarakat untuk mempersiapkan ke Balai Desa Gadu. Kenthongan kedua warga masyarakat untuk berkumpul membawa tumpengan atau berkat hadir di Balai Desa Gadu. Kenthongan ketiga menandakan kegiatan campur bawur segera di mulai. Ungkapnya
×
Berita Terbaru Update