Notification

×

Iklan

Iklan

PANI Banyumas dan FBE Hadiri Sarasehan Kebangsaan di Kesbangpol

Sabtu, 12 Oktober 2024 | 17.46 WIB Last Updated 2024-10-12T10:46:28Z


Jurnalis PANI Banyumas 

Banyumas, PANI News.- PANI ( Pasukan Adat Nusantara Indonesia ) bersama Ormas oramas yang tergabung FBE (Forum Banyumas Eling ) menghadiri Saresehan Kebangsaan yang diadakan KESBANGPOL kabupaten Banyumas sebagai Narasumber sekda Banyumas kata sekretaris PANi Sri Suyati

Acara Saresehan Kebangsaan dibuka oleh kepala Bakesbangpol kabupaten Banyumas pada hari Selasa 8/10/2024 digedung Aula Kesbangpol kabupaten Banyumas .

Kepala kesbangpol mengabsen semua ormas yang hadir sesuai
Undangan yang masing masing ormas mengahadirakan dua para ketua dan anggotanya . EKO HERU meminta pada Pak AGUS NURHADI menjadi Nara sumber untuk bisa memberikan wejangan pada para hadirin dan khususnya ketua Ormas agar bisa menciptakan suasana kondusif dalam pilkada serentak di kabupaten Banyumas . Saya selaku kepala kesbangpol mengucapakan terima kasih atas kehadiran dan kerjasamanya pada ormas ormas yang tergabung di FORUM ELING BANYUMAS tegasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie selalu berpesan pada para ASN mengingatkan netralitas aparatur sipil negera (ASN) dilingkungan Setda, Setwan dan BKAD Netral yang profesional dalam kehadiran di pencoblosan dan jangan golput. Menurutnya ASN adalah salah satu unsur yang harus menjaga netralitas

Menurut Agus pada Pilkada serentak 2024 pemerintah daerah kabupaten Banyuasin menyediakan anggaran pilkada 87 milyar untuk suksesnya pilkada . Dihimbau ASN harus ikut mensuksesakan. karena memiliki fungsi perekat dan pemersatu bangsa kerena ASN adalah pelaksana kebijakan publik dan pelayan publik. Ia menambahkan saat ini Pilkada telah memasuki tahapan kampanye.

“Kampanye telah dimulai tanggal 25 September lalu hingga 24 November 2024 mendatang atau H-3 pemungutan suara, saya minta ASN Banyumas termasuk yang berada dilingkungan Setda ini, tidak terlibat dengan pasangan calon, maupun melarang dan atau menganjurkan memilih kotak kosong,” jelasnya

Saresehan dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu oleh Bejo moderator . Penaya pertama dari Edo damaraji memberi himbaun dan saran untuk FBE bisa memiliki tempat sekretariat bersama .

Penanya kedua, dari KETUA PANI Kabupaten Banyumas, H Sabar santoso . Sepakat yang di sampaikan oleh sekda untuk kenetralan ASN . satu hal yang menjadi pertanyaan saya mengenai pilkada dibanyumas dengan matinya demokrasi sehingga muncul hanya satu pasang calon dengan lawan kotak kosong . Mohon. Penjelasan pada pak sekda kalau nanti dalam pilkada yang menang kotak kosong . Solusi apa jika terjadi adanya pilkada ulang .dan apakah pemda siap anggaran untuk pilkada ulang yang memerlukan dan menganggarkan biaya Sampai 87 miryar ? Mohon penjelasan pak sekda tegasnya .

SEkDA menjawab
penanya pertama Edo ya insaallah kalau tinggal dikordinasikan dengan Bakesbangpol saja yang jelas kami juga sangat memerlukan adanya kerjasama dengan ormas ormas yang tergabung di FBE tidak hanya sekedar di WA graup saja. Jawabnya .

AGUS menjawab pertanyaan dari ketau PANI H Sabar ini pertanyaan yang berat dan saya harus hati hati menjawab . Hibauan netralitas ASN selalu saya tegaskan untuk Netral dan profesional dalam pilkada . Jika pilkada terjadi kotak kosong yang menang. kami akan melaksanakan undang undang untuk mengadakan pilkada ulang sesuai peraturan dan ketentuanya. Walau harus mengeluarkan anggaran lagi karna pilkada untuk memilih dan menentukan Bupati Banyumas . Anggaran tetap akan dialokasikan sesuai kebutuhan . Anggaran tersebut tentunya akan mangkas dan merubah rencana OPD Banyumas . Kata Sekda .

Meski demikian karena ASN tidak seperti TNI dan POLRI yang tidak memilih, maka Agus mengajak, ASN harus menunjukan profesionalitas dengan hadir ke TPS tetap memilih. Karena kehadhiran pemilih juga menjadi tolok ukur keberhasilan dalam Pemilu.

“Pilihlah sesuai hati nurani, dengan tidak mengajak, atau melarang pada orang lain. Tunjukan bahwa kita bisa profesional dalam memilih dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 dengan datang ke TPS,” pungkasnya.
×
Berita Terbaru Update