Notification

×

Iklan

Iklan

Warisan Papat Kalima Pancer Al Hajj Fatahillah di Plakat Kehormatan KeRatuan Jayakarta

Rabu, 18 September 2024 | 21.50 WIB Last Updated 2024-09-18T14:50:43Z


Jurnalis : Sekti Achruni 

Jakarta, PANI News.- Liputan Warisan Papat Kalima Pancer Al Hajj Fatahillah di Plakat Kehormatan KeRatuan Jayakarta pada 18/9/2024.

Sekretaris Jenderal Lembaga Pemangku Adat Jayakarta, Ratu Bagus Suryono Mertakusuma yang juga sebagai Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia Provinsi Jawa Tengah dan Panglima Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Kesultanan Cirebon Kabupaten Blora, kepada redaksi mengatakan, "Alhamdulillah, saya mendapat kepercayaan menerima tanda kehormatan dari Keratuan Jayakarta, berbentuk plakat yang berisi papat kalima pancer dari Al Hajj Fatahillah.

Dimana seharusnya tanda kehormatan ini adalah untuk lembaga Pemangku Adat Keraton Jipang yang hadir saat itu, (YM Kushariyadi) namun karena ada satu dan lain hal, harus pulang ke Blora lebih awal, maka sayalah yang menerima plakat dari Keratuan Jayakarta tersebut". Ungkapnya.

Seperti diketahui, RB Suryono Mertakusuma dan YM Kushariyadi berasal dari daerah yang sama yaitu Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan, menurut Pangeran Ratu Jayakarta IX, Ratu Bagus Abi Munawir Al Madani Mertakusuma, saat dihubungi media tentang isi dari Plakat Kehormatan Keratuan Jayakarta adalah, "Isi Plakat Ajian Al hajj Fatahillah amanah yang wajib dilaksanakan yaitu papat kalima pancer dengan isi tertulis :
1. Patuh terhadap guru
2. Ratu kudu di jaga
3. Bakti kepada orang tua
4. Setia kepada Syari'i
5. Bakti kepada Allah

Guru, Ratu Orang Tua Syari'i Allah Syahadatan laailaa hai lalloh Muhammad darosululloh.

Wajib bagi ummat rosullulloh sebagai pakaian diri untuk menjadi tabiat mulia.

Menjadi kehidupan dirinya untuk mengharap berkah dari Allah SWT". Ungkapnya.
×
Berita Terbaru Update