Notification

×

Iklan

Iklan

Dalang Binaan PANI Banyumas, Ki Danar Gegerkan Dunia Wayang Kulit

Sabtu, 14 September 2024 | 09.01 WIB Last Updated 2024-09-14T02:01:38Z


Jurnalis : Herman

Banyumas, PANI News.- Dalang Danar Asli Adisana Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas, sebagai dalang muda yang merupakan aset dalam dunia seni pedalangan. 

Dalang Danar juga sebagai Ketua Bidang Seni Budaya di Ormas PANI (Pasukan Adat Nusantara Indonesia ) Dewan Pimpinan Daerah II Kabupaten Banyumas .kata Sri Suyati sekretaris PANI.

Ketua DPD II Kabupaten Banyumas H. Sabar Santoso menjelaskan, Bahwa Dalang muda DANAR pernah pentas Seni Wayang Kulit dengan Lakon Rebut Kancing Senopati oleh Mas Dalang Ki  Danar Rama Alfiansyah Pangestu dari Adisana Jatilawang Banyumas. Ungkapnya.

Acara ini dilaksanakan di Lapangan Sport Center Panisihan Maos Cilacap pada Senin 8 Juli 2024 dalam rangka Perayaan Tahun Baru Islam

Dihadiri oleh Perangkat Desa Panisihan Maos dan 120 Jajaran Pengurus Adat Bonokeling Pekuncen yang turut hadir di acara tersebut dan para pengurus PANI (pasukan adat Nusantara Indonesia) eks karesidenan Banyumas .

Kades dalam sambutanya menyampaikan, "Alhamdulillah pada malam hari ini bisa mementaskan mas dalang muda dari Banyumas yang sangat padat job waktunya". Tegasnya.

Rangkaian acara di awali dengan pembacaan sejarah panisihan oleh Drs Nunung selaku kades diiringi dengan Gending eling eling .

"Ratusan Penonton memenuhi lapangan setia sampai pagelaran wayang kulit semalam suntuk sampai pagi dan berakhir dengan Selamat yang nanggap, dan Selamat para Crue pedalangan yang ditanggap, semoga bisa menjadi tontonan dan jadi tuntunan untuk dalam kehidupan bermasyarakat". Harapan Ki Dalang Danar.
×
Berita Terbaru Update