Notification

×

Iklan

Iklan

Rutinan Sedekah Bumi Dukuh Kelompok di Desa Sogo

Sabtu, 13 Juli 2024 | 07.16 WIB Last Updated 2024-07-13T00:16:23Z


Jurnalis : Suparmin 

Blora, PANI News.- Rutinan Sedekah bumi di Dukuh Kelompok, Desa Sogo, Kecamatan Kedung Tuban, Kabupaten Blora, pada12/07/2024.

Menurut Kadus Kelompok dengan sapaan Yuni saat dikonfirmasi awak media dirumahnya, yang saat itu juga ada Ngatman Kades Sogo, Rajiman, Camat Kedungtuban beserta beberapa staffnya.

"Setiap tahun diadakan sedekah bumi, setiap tahun setelah panen raya. Seharusnya panen raya itu setiap setahun sekali diadakan sedekah bumi. Sedekah ini sudah turun-menurun dari nenek-nenek moyang yang dulu.

Jadi kami selaku orang baru, istilahnya tinggal meneruskan atau melanjutkan dari leluhur kita yang sudah tiada sejak dulu.

Di dukuh kelompok sendiri ada dua sendang, yaitu sendang jabung dan sendang ringin. Pertama acara bancaan atau yang dinamakan sedekah bumi di sendang jabung. Habis dari sendang jabung dilanjutkan bancaan atau sedekah bumi di sendang ringin. Masing- masing dihadiri dari warga dukuh kelompok dan ada beberapa masyarakat sekitar.

Disiang hari habis sholat jumat ada hiburan musik elektone dan berlanjut dimalam harinya ada hiburan barongan dikolaborasikan kethoprak. Untuk hiburan barongnya pemain dan peralatannya dari warga dukuh kelompok sendiri. Soalnya di dukuh kelompok sendiri juga punya group kesenian itu.

Jadi di dua sendang ini tidak mewajibkan menampilkan hiburan. Untuk hiburannya tergantung musyawarah warga masyarakat.

Harapannya warga masyarakat dalam bercocok tanam diberikan hasil panennya yang bagus. Badan sehat, damai, aman dan selalu diberi kemudahan rizqinya amiin". Ucapnya.
×
Berita Terbaru Update