Notification

×

Iklan

Iklan

Pentas Seni Wayang Krucil di Sedekah Bumi Desa Plantungan

Jumat, 10 Mei 2024 | 22.40 WIB Last Updated 2024-05-10T15:42:05Z



Jurnalis: Suparmin

Blora, PANI News.- Pentas Seni Wayang Krucil di Sedekah Bumi Desa Plantungan pada 10/5/2024.

Menurut Kepala Desa Plantungan, Endang Susana, saat dikonfirmasi media mengatakan, "Acara rutinan setiap tahun, di hari Jum'at Pahing, sasine sasi selo, Alhamdulillah untuk tahun ini misani tanggal 1 Jum'at Pahing jadi, kita di Kabupaten Blora mungkin hanya Desa Plantungan dan beberapa desa yang menetapi tanggal 1, hari Jum'at Pahing, di bulan Selo.

Kebiasaannya di setiap sendang, karena disini juga ada blok-blok yang tertentu untuk mengadakan hajatan(bancaan), kalau pusatnya di Desa Plantungan adanya di Sendang Ageng Timongo.

Di blok lain juga ada, Sendang Wono Kusumo, tadi paginya sudah hajatan, di Sendang Dono, juga dipagi hari sudah diadakan hajatan.

Jadi untuk pusatnya Sedekah Bumi di Sendang Ageng Timongo, Wayang Krucil, wajib untuk mengisi dalam kegiatan sedekah bumi di Desa Plantungan.

Dimalam harinya juga ada hiburan seni kethoprak, dan menghadirkan dagelan Cak percil Cs.

Masih menurut Endang Susana, Wayang Krucil, adalah wajib untuk mengisi acara sedekah bumi di desa kami.

Konon katanya waktu dulu, sudah pernah terjadi dalam acara sedekah bumi di Desa Plantungan, dalam kegiatan sedekah bumi, tidak ada wayang krucilnya, tiba tiba ada suatu angin ribut pertanda bencana, jadi Wayang Krucil, selalu di yakini dalam mengisi sedekah bumi di Desa Plantungan Kecamatan Blora Kota.

Pesan saya untuk masyarakat, marilah kita jaga kerukunan, kita memperoleh banyak rejeki dengan kerja sama, gotong royong, bisa bersatu membangun desa, membangun diri, membangun keluarga, membangun masyarakat dan bisa menciptakan feat yang positif dan bisa menarik rejeki-rejeki dari Allah Subhanallahu Wata'ala.

Keistimewaan tahun ini, dengan hasil bumi yang diperoleh dari warga, dan Alhamdulillah, untuk perayaan sedekah bumi, kemarin warga dapat sangu/biaya per kk 500rb, sebagai sumbangan untuk membeli belanja, untuk meringankan beban warga". Ungkapnya.
×
Berita Terbaru Update