Notification

×

Iklan

Iklan

PANI JATENG Siap Hadirkan Raja dan Sultan Nusantara di Blora

Kamis, 23 Mei 2024 | 15.24 WIB Last Updated 2024-05-23T09:05:42Z


Jurnalis : Suparmin

Blora, PANI JATENG Siap Hadirkan Raja dan Sultan Nusantara di Blora, dalam rangka Kirab Budaya di Situs Mbah Mayrah Sorogo Kelurahan Ngelo, pada silaturahim dengan Bupati Blora, 21/5/2024.

Bertempat di ruang rapat Bupati Blora, pertemuan dimulai pukul 09.00-10.00 wib, acara silaturahim pada saat awal berlangsung dipimpin oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Iwan Setyarso, dikarenakan Asisten I Pemkab Blora masih dalam perjalanan.

Kepala DINPORABUDPAR, Iwan Setyarso, mengatakan, "Sugeng Rawuh Pengurus PANI Jawa Tengah, dan Sedulur Sedulur, mohon maaf, karena bapak Bupati Blora masih dinas luar, jadi untuk yang memimpin Acara Silaturahim nanti adalah Asisten I Pemkab Blora, namun karena masih ada rapat, sambil menunggu beliau, saya yang akan mengisi terlebih dahulu.

Sebelumnya, saya akan memperkenalkan Dinas yang ikut serta dalam silaturahim kali ini, diantaranya ada, DINPORABUDPAR saya bersama Kabid Kebudayaan (Widyarini), Dinas PMD (Heksa Wismaningsing), Dinas BAPPEDA (Endah), BPPKAD (Dwi Setyanto), KESBANGPOL (Nur Hamid), dan Kesra Lis Sriati, Monggo apa yang akan disampaikan kali ini". Ucapnya.

Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) Provinsi Jawa Tengah, Suryono mengatakan saat sudah diberikan waktu untuk berbicara,"Alhamdulillah, dan saya atas nama Organisasi Kemasyarakatan yang bernama Pasukan Adat Nusantara Indonesia atau biasa kami singkat PANI, merupakan organisasi yang berpusat di Kota Makassar Sulawesi Selatan, dengan Ketua Umumnya adalah Duli Yang Mulia Maharaja Muh. Akbar Amir Sultan Aliya yang merupakan Raja Tallo XIX Makassar, dan merupakan Zuriah dari Syech Yusuf Al-Makasari, sesuai SK kami, Pembina/Penasehat PANI merupakan Raja dan Sultan Nusantara, tapi yaitu untuk saat ini merupakan Raja/ Sultan Budaya, dan Siap Hadir apabila pemkab Blora membantu biaya kegiatan yang kami ajukan.

Silaturahim kali ini, kami bersama Sesepuh Situs Mbah Mayrah Sorogo Kelurahan Ngelo, ada Mbah Juwari, Mbah Sugiyanto, serta Busro, dan dari Situs Mbah Ndoro Kelurahan Balun, turut hadir Juru Kuncinya langsung, Mbah Yon, yang didampingi oleh Triyono, semuanya masih berasal dari Kecamatan Cepu.

Selain itu, juga ada rekan kami dari LBH BERSATU Blora, yang saat ini diwakilkan, Winarni Kumbing Yuli Ken Nenes dan dari perwakilan Perkumpulan Jurnalis Indonesia (PJI) Demokrasi Kabupaten Blora, diwakilkan oleh Hery, Sedangkan dari PANI Kabupaten Blora, ada Purnomo, yang merupakan Ketua PANI Kecamatan Kradenan.

Tujuan utama silaturahim kali ini, adalah memohon bantuan pembiayaan rutinan Tahunan di Situs Mbah Mayrah Sorogo dan Rutinan Tahunan di Situs Mbah Ndoro Balun.

Rutinan Tahun lalu, di Situs Mbah Mayrah Sorogo, Kelurahan Ngelo, Alhamdulillah berjalan dengan sukses yang dibantu pembiayaannya dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, serta bantuan dari teman teman yang masih perduli dengan keberadaan tradisi peninggalan leluhur.

Banyak sekali pengunjung dan tamu yang hadir, seperti dari Jakarta, Malang, Surakarta sampai Profesor dari USA pun turut hadir di Kirab Budaya di Situs Mbah Mayrah Sorogo tahun lalu.

Sedangkan di Situs Mbah Ndoro Balun, tahun lalu juga dikunjungi beberapa Raja dan Sultan Nusantara, seperti dari Aceh, Riau, Jayakarta, Demak dan Bali.

Berharap besar di tahun ini, kegiatan yang Insya Allah berlangsung pada 4-6 /7/2024 di Situs Mbah Mayrah Sorogo dan tanggal 6-7/7/2025 di Situs Mbah Ndoro Balun dapat dibantu pihak Pemerintah Kabupaten Blora". Ungkapnya.

Ketika hampir 30 menit berjalan, pimpinan silaturahim yang saat awal dipimpin oleh Kepala DINPORABUDPAR Kabupaten Blora, dilanjutkan Asisten I Pemkab Blora, Agus, yang setelah menerima masukan awal dari Kepala DINPORABUDPAR tentang awal pertemuan silaturahim yang sudah disampaikan, mengatakan, "Baik, setelah mendengar dari Kepala DINPORABUDPAR, saya sampaikan bahwa menurut Bappeda Blora, solusi pembiayaan pengajuan di tahun ini, bisa di jalankan ditahun depan, dan menurut Dinas PMD Blora, ada jalur yang lain, melalui anggaran perubahan.

Dan semua itu nanti akan kami sampaikan ke bapak Bupati, sekaligus permohonan maaf dari beliau, saat ini belum bisa hadir, karena kemarin masih di Bali, dan saat ini masih diluar kota". Jelasnya.
×
Berita Terbaru Update