Notification

×

Iklan

Iklan

UNIMA Indonesia Gelar Pentas Wayang Potehi di Kelenteng Hok Tek Bio Salatiga

Minggu, 24 Maret 2024 | 10.47 WIB Last Updated 2024-03-24T03:49:07Z


Jurnalis: B. Slamet 

Salatiga, PANI News.- UNIMA Indonesia Gelar Pentas Wayang Potehi, bersama di Kelenteng Hok Tek Bio Salatiga pada 22/3/2024.

Menurut Dalang Wayang Potehi, Ki Andika Pratama, saat ditemui media sebelum pentas mengatakan, "Saya sangat berterima kasih kepada Unima Indonesia, dan pihak sponsor, yang telah mengundang untuk pentas dalam rangka memperingati Hari Wayang Dunia, saya harap ini adalah titik awal, dan bisa dipentaskan kembali wayang potehi dan wayang wayang yang lainnya melalui Unima Indonesia, sekaligus dapat menyebarkannya keseluruhan negara". Ucapnya.

Sedangkan saat ditanya pengalaman menjadi dalang, Ki Andika Pratama menambahkan, "Saya masih belum lama, sejak 2022 akhir, hingga sekarang, dan ini bukan cita cita, saya menjadi dalang, tetapi lebih ke panggilan hati, yang akan bermuara ke cita cita, jadi awalnya ketertarikan kepada wayang, juga tradisi leluhur, karena saya juga orang keturunan Tionghoa, sehingga itu mungkin yang mengkombinasikan saya lebih untuk mencinta citakan menjadi dalang Wayang Potehi, dan harapan saya untuk generasi muda khususnya kaum keturunan Tionghoa, dan juga tidak hanya mereka saja, tetapi juga kita semua untuk tetap sadar, akan adanya wayang, termasuk wayang Potehi dan wayang wayang yang ada disekitar kita bisa terus melestarikannya, atau kalau tidak bisa melestarikannya, atau sebagai pegiat seni, bisa menjadi donatur, atau bisa saja untuk mengapresiasi seni yang ada di Indonesia sekarang ini, dan bila ingin menghubungi kami, bisa lihat langsung di Instagram siawpeksan". Tambahnya.

Sedangkan menurut pengurus Yayasan yang mengelola Klenteng tempat pentas Wayang Potehi, Doni mengatakan, "Saya sangat berterimakasih sekali, dan bangga bisa bekerja sama dengan organisasi pelestari wayang tingkat dunia, yaitu UNIMA, mudah mudahan kerja sama ini dapat terus terjalin". Katanya.

Sambutan dari Unima Indonesia, yang saat itu disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Peringatan Hari Wayang Dunia dari Indonesia, Maria Theresia Widyastuti mengatakan, "Terima kasih, kami sudah diizinkan untuk menyelenggarakan pentas Wayang Potehi di tempat ini, saya mewakili Presiden Unima Indonesia, Bapak Dubes Dinas Samodra RUM, yang saat ini belum bisa hadir, karena acara ini berbarengan dengan yang ada di UIN Salatiga, jadi saya berbagi tugas dengan beliau, mudah mudahan kedepan kami bisa bekerjasama lagi untuk kegiatan pelestarian wayang khususnya, dengan lebih besar lagi". Ungkapnya.

Setelah pentas selesai, pihak UNIMA Indonesia juga memberikan souvenir kepada Pengurus Kelenteng Hok Tek Bio Salatiga.
×
Berita Terbaru Update