Notification

×

Iklan

Iklan

Inspeksi Tanah Longsor di Situs Mbah Mayrah Sorogo Kelurahan Ngelo

Selasa, 13 Februari 2024 | 08.39 WIB Last Updated 2024-02-13T01:40:09Z


Jurnalis: Suparmin

Blora, PANI News.- Liputan Khusus Tindak Lanjut Penanganan Longsor di Situs Mbah Mayrah Sorogo Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah Indonesia, pada 12/2/2024.

Juru Kunci Situs Mbah Mayrah/Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah Sorogo, Mbah Cuk, kepada media mengatakan, "Alhamdulillah, ini yang ketiga situs ini didatangi petugas dari dinas, dan mudah mudahan segera direalisasikan, karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Seperti jenengan lihat, tidak sampai 10 meter jarak tepi sungai ketempat utama situs, kalau tidak segera ditangani, cepat atau lambat akan semakin mendekat ke tempat utama situs, mudah mudahan dengan tindak lanjut ini segera dilaksanakan untuk pengajuan Bronjong, yang beberapa waktu lalu sudah akan dilaksanakan pada bulan Desember 2023, namun karena waktunya terlalu mepet, katanya butuh persiapan dulu, belum bisa dilaksanakan.

Matur suwun pak bupati, sudah mengabulkan permohonan kami". Ungkapnya.

Apresiasi kepada Bupati Blora juga disampaikan Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) Provinsi Jawa Tengah, Ratu Bagus Suryono Mertakusuma, atau Bhre Suryo Abdul Yasin, yang kerap dipanggil Suryono, kepada media saat itu menyampaikan, "Apresiasi kepada Bupati Blora, yang sudah mengabulkan permohonan dari Situs Mbah Mayrah Sorogo, yang kondisinya sangat butuh pembangunan, terutama tepi sungainya.

Ini tempat bersejarah, sangat bersejarah, dari data yang kami kumpulkan, salah satunya dari Kitab Al Fatawi, ternyata Beliau, Almarhum Mbah Mayrah/Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah adalah putri dari Arya Penangsang atau Aryo Jipang, yang menikah dengan Ratu Ayu Jatibalabar, Cucu dari Prabu Surawisesa Pajajaran.

Selain itu, Seni Wayang Krucil yang setiap tahun dimainkan di situs ini, saat ini sudah mulai dikenal Dunia, pada Tahun 2023, Alhamdulillah Disdikbud Provinsi Jawa Tengah membantu menampilkan di Bali, dan di tahun yang sama juga Pasukan Adat Nusantara Indonesia PANI Provinsi Jawa Tengah, juga mengirimkan pentas di Jakarta, atas undangan khusus Ketua Umum SENA WANGI (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), yang pemberangkatan sampai pemulangannya didukung penuh Pemkab Blora.

Lebih dari itu, Pelaksanaan Manganan Tahun 2023, sangat istimewa, kegiatan yang dimana pembiayaannya didukung penuh oleh Disdikbud Jawa Tengah, dihadiri beberapa tamu kehormatan, bukan hanya dari Jakarta saja, dan juga bukan hanya dari orang biasa, tetapi ada Profesor, berasal dari Bojonegoro, yang saat ini menjadi Dosen di Amerika turut hadir bersama 2 orang bergelar doktor, 1 dari ISI Surakarta dan yang ke 2 dari Universitas Negeri Malang.

Tidak hanya itu, tokoh budaya nasional yang hadir dan melepas Kirab saat itu, adalah seorang Purnawirawan Jenderal TNI AU, yang pernah menjadi Kepala Bazarnas RI, Bambang Soelistyo.

Sedangkan Raja Sultan Nusantara yang hadir saat itu, adalah Pangeran Ratu Jayakarta IX, Ratu Bagus Abi Munawir Al Madani Mertakusuma". Jelasnya.

Sedangkan dari DPUPR Kabupaten Blora, yang saat itu disampaikan Kabid SDA, Surat mengatakan, "Dalam waktu dekat, pembangunan Bronjong akan segera dilaksanakan". Pungkasnya.

Dalam Inspeksi tersebut, hadir DPUPR Kabupaten Blora, OP 4 BBWS Begawan Solo, Kelurahan Ngelo, Juru Kunci Situs, Sesepuh Pinisepuh Situs dan Pasukan Adat Nusantara Indonesia Provinsi Jawa Tengah.
×
Berita Terbaru Update