Notification

×

Iklan

Iklan

Wayang Krucil Blora Menuju Pentas Dunia

Minggu, 12 November 2023 | 19.08 WIB Last Updated 2023-11-12T12:09:07Z



Jurnalis: Sekti Achruni 

Jakarta, PANI News.- Wayang Krucil Blora Mendunia, dikatakan langsung oleh Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) Provinsi Jawa Tengah, Ratu Bagus Suryono Mertakusuma/Suryono, yang mendampingi pentas Wayang Krucil Blora yang dijalankan Ki Pasiran pada 9/11/2023.

Kepada media saat itu, Ketua PANI Jawa Tengah, Suryono mengatakan, "Alhamdulillah pentas saat ini sukses, ternyata tidak hanya wayang krucil Blora saja yang pentas malam itu, ada wayang kolaborasi dari Myanmar, Thailand, dan Singapore sebelum ditutup oleh Wayang Krucil Blora.

Insya Allah, Wayang Krucil Blora akan lebih dikenal lagi di dunia, seperti saat tampil di Denpasar Bali bulan April lalu, kurang lebih 34 Negara melihat Pentas Wayang Krucil Blora, saat ini juga tidak jauh berbeda, bahkan ada turis yang sangat terpukau melihat penampilan Wayang Krucil Blora, kalau tidak salah dari Belgia.

Kedepan, mudah mudahan ada dari negara tetangga yang berminat mengundang wayang krucil Blora untuk pentas, Amin". Ungkapnya.

Sementara itu, melihat ada warna negara asing yang saat itu sedang melihat, tim media langsung menuju dengan harapan mendapat komentar darinya, dan ternyata sudah bisa berbahasa Indonesia, saat ditanya namanya, mengaku bernama Gabriel dan berasal dari Belgia, saat dikonfirmasi tim media mengatakan, "Saya sangat senang ada pentas dari Blora ke Jakarta, yang datang di Gedung Pewayangan Kautaman hari ini, sebelum saya ke Blora karena saya belum pernah ke sana.

Ada rasa budaya Blora, ada rasa seni yang sangat indah dari Gamelan dan Wayang Krucil yang pertama kali saya kenalin, dan saya ingin tahu lebih lagi tentang Panji, karena cerita Panji itu juga Cerita Sejarah Indonesia, Sejarah Jawa, Sejarah Manusia.

Saya sangat senang seni, senang budaya, saya datang dari Belgia, dan bekerja di Opera, Opera Seriosa yang juga cerita, cerita filsafat dan relasi manusia, jika melihat ada yang sedih, ada yang senang juga, jadi, hiduplah Wayang Krucil Blora.
×
Berita Terbaru Update