Notification

×

Iklan

Iklan

Silaturahim Pasukan Adat Nusantara Indonesia ke DPUPR Kabupaten Blora

Kamis, 30 November 2023 | 07.40 WIB Last Updated 2023-11-30T00:41:30Z


Jurnalis : Suparmin 

Blora, PANI News.- Silaturahim Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) ke DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Blora pada, 29/11/2023.

Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) DPD I Provinsi Jawa Tengah, Ratu Bagus Suryono Mertakusuma/Bhre Suryo Abdul Yasin atau biasa dipanggil Suryono kepada awak media mengatakan, " Alhamdulillah silaturahim ini dapat dilaksanakan, mengingat silaturahim adalah ciri khas dan tugas khusus yang wajib dilaksanakan dari Ketua Umum Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) DYMM Muh Akbar Amir Sultan Aliya, yang merupakan Raja Tallo Makassar XIX dan masih Zuriah Syeh Yusuf Al Makasari.

Pesan beliau kepada saya, "Hendaklah silaturahim dalam menjalankan roda organisasi PANI", maka dari itu, sampai sekarang Silaturahim ini tetap kami jalankan.

Dalam silaturahim ke DPUPR Kabupaten Blora, saya mengenalkan pengurus PANI Kabupaten Blora, serta mengajukan kerjasama pengelolaan Taman Budaya Cepu yang belum lama jadi.

Tawaran kami, apa, yang pertama adalah, Pelestarian Wayang Krucil Blora melalui PANI sudah pernah pentas di Denpasar -Bali dan dilihat 34 negara, menjadi Wakil atau Duta Seni Provinsi Jawa Tengah saat itu.

Belum lama ini juga, melalui PANI, Wayang Krucil Blora yang dipentaskan Ki Pasiran dari Desa Pojokwatu Kecamatan Sambong, sukses menjadi Penutup Hari Wayang Nasional V di Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia 2023.

Selain itu, Manganan yang diselenggarakan di Situs Mbah Mayrah/Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah Sorogo Ngelo juga melalui PANI yang didukung penuh oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah sukses dilaksanakan, dengan mendapat tamu kehormatan dari salah satu Raja/Ratu/Sultan Nusantara, Ketua Umum SENA WANGI, dan Prof Sumarsam yang menjadi Dosen di Amerika, Dr. Slamet dari ISI Surakarta, serta Dr. Rudi dari Universitas Negeri Malang." Ungkapnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blora, Samgautama, mengatakan, "Untuk saat ini kami belum tau siapa yang akan dikasih tanggung jawab dikedinasan, apakah itu Dinas Lingkungan Hidup, atau Dinas Pariwisata, karena tugas kami, sesuai amanah Bupati dan Wakil Bupati Blora, membangun Taman Budaya Cepu, melalui APBD Kabupaten Blora Tahun 2023". Pungkasnya.
×
Berita Terbaru Update