Notification

×

Iklan

Iklan

STT Ronggolawe Cepu Kembangkan PLTB di Eduwisata Bukit Kunci Desa Bangowan

Senin, 16 Oktober 2023 | 12.44 WIB Last Updated 2023-10-16T05:44:30Z


Jurnalis : Suparmin

Blora, PANI News.- Tim PKM STT Ronggolawe Kembangkan PLTB "TURBIN" ANGIN ARCHIMEDES"di Eduwisata Bukit Kunci yang terletak di Desa Bangowan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah pada 15/10/2023.

Eduwisata di Bukit Kunci Desa Bangowan kini bertambah satu wahana edukasi baru, yaitu pembangkit listrik tenaga Bayu, "Turbin Angin Archimedes", Turbin Angin ini merupakan hasil penelitian yang kemudian diaplikasikan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh Tim dosen STT Ronggolawe Cepu yang diketuai oleh Eva Hertnacahyani Herraprastanti, ST. MT yang beranggotakan 3 orang dosen, diantaranya 1. Hendri Suryanto, ST. MT, 2. Teguh Yuwono, ST. MT, dan 3. Retno Wahyusari, S. Kom. M. Kom.

Menurut Ketua STT Ronggolawe Cepu, Ir. Sardjono M. Eng, "Adapun tujuan kegiatan PKM ini adalah, untuk mewujudkan indikator kinerja utama (IKU) Perguruan Tinggi, yaitu mahasiswa memperoleh pengalaman diluar kampus, dengan berkegiatan di luar kampus, dan hasil kerja dosen dapat digunakan oleh masyarakat.

Dalam Program PKN ini, juga melibatkan mahasiswa dari Prodi Teknik Mesin, yaitu Afrel Gusti Putra dan Daniswara Yoranza Alfreda, Teknik Elektro yaitu, Rosalinda Elisa Putri dan Ardiansyah Krisna Dony Pradana Putra, juga Mahasiswa Informatika, yaitu Dea Salsabila, Afi Qur'aini Ayu Saputri dan Ibran Gajendra Putra.

Mahasiswa yang terlibat dalam Program PKM ini, nantinya akan mendapatkan Rekognisi atau Pengakuan telah menempuh mata kuliah sesuai Capaian Pembelajaran Lulusan, (CPL), yaitu sebanyak 15 SKS.

PLTB Turbin Angin Archimedes yang dibangun ditempat Wisata Bukit Kunci ini, merupakan hibah Kemendikbudristek sebesar, Rp. 49.853.000.-, dan diaplikasikan untuk pembangunan 2 (dua) unit PLTB, dengan kapasitas masing-masing 1000 Watt, yang akan dimanfaatkan untuk menerangi, area Camping Ground, Gazebo, Men-Charge Ponsel, Kamera, Toilet, Kantin dan Pompa Air, pemilihan Wisata Bukit Kunci sebagai arena pembangunan PLTB, karena potensi angin ditempat tersebut, cukup besar, yaitu berkisar 5 - 6 M/S". Ungkapnya.

Sedangkan menurut Hanif Massadani, sebagai salah satu pengurus karang taruna desa Bangowan, mengungkapkan, "Saya merasa bersyukur, STT Ronggolawe Cepu melakukan pengabdian di Wisata Bukit Kunci, diharapkan dengan bertambahnya satu wahana baru, akan dapat menyelesaikan permasalahan energi dan meningkatkan jumlah pengunjung, sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga". Ucapnya.
×
Berita Terbaru Update