Notification

×

Iklan

Iklan

Melihat Silsilah Arya Jipang/Aryo Penangsang di Jakarta

Selasa, 08 Agustus 2023 | 10.57 WIB Last Updated 2023-08-08T03:57:33Z


Jurnalis: Sekti Achruni 

Jakarta, PANI News.-Zuriah Pangeran Ratu Jayakarta IV, RB. Abi Munawir Al Madani Mertakusuma, melihat Silsilah Pangeran Arya Jipang/Arya Penangsang di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta, pada 7/8/2023.

Menurut Zuriah Pangeran Arya Jipang/Arya Penangsang yang diwakili oleh R.Hendri Maulana Binti RA.Ayunah Binti RA.Mujenah Binti RA.Hamse Bin R.Amserin Binti RA.Inayah/Item Bin R. Kosim Binti RA. Buniah / Gresik Binti RA. Syariah Binti RA.Suriah Binti RA.Salasin Bin P. Wirantayuda Bin Raden Demang Arifin Bin Pangeran Arya Jipang/Arya Penangsang, mengatakan, "Terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf kemarin saya belum bisa ikut kirab saat malam 1 Muharram, karena tugas yang tidak bisa ditinggalkan, dan juga kang Suryono maaf juga kemaren belum bisa ikut kirab di Situs Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah/Mbah Mayrah, karena berbarengan dengan pekerjaan di Tegal, Insya Allah kedepan saya akan hadir". Ucapnya

Sedangkan menurut Zuriah Pangeran Ratu Jayakarta IV, yang juga masih Zuriah Pangeran Arya Jipang/Aryo Penangsang, RB Abi Munawir Al Madani Mertakusuma, "Alhamdulillah bisa bersilaturahim, mudah mudahan kedepan, seluruh Zuriah Pangeran Ratu Jayakarta IV, dan Zuriah Pangeran Arya Jipang/Aryo Penangsang yang masih ada, bisa bersama-sama melestarikan warisan budaya leluhur Jayakarta yang masih ada". Ungkapnya.

Menurut Sekjend Yayasan Lembaga Pemangku Adat Jayakarta, RB Suryono Mertakusuma, yang masih berasal dari Kelurahan Balun Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, mengatakan, "Saya bersyukur bisa melihat Silsilah Pangeran Arya Jipang/Aryo Penangsang, selama saya di Blora belum pernah melihat Silsilah beliau selengkap itu, dari Silsilah yang saya lihat, Arya Jipang/Aryo Penangsang, menikah dengan Cucunya Prabu Surawisesa Padjajaran, yang bernama Ratu Ayu Jatibalabar Bin Pangeran Singa Manggala Bin Prabu Surawisesa bin Prabu Siliwangi, Sedangkan Silsilah Arya Jipang/Aryo Penangsang Putra dari Raden Kikin Bin Sultan Fatah Demak Bin Prabu Brawijaya V Majapahit, dari pernikahan Arya Jipang/Aryo Penangsang dengan Ratu Ayu Jatibalabar, mempunyai 2 anak yang bernama 1. Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah/Mbah Mayrah, 2. Raden Demang Arifin". Jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut ada hal menarik, ketika salah satu pengurus Yayasan Lembaga Pemangku Adat Jayakarta, Wakil Sekretaris Jendral, S. Ahmat Dahlan, yang mengatakan, "Bang, ini silsilah yang menuju ke Pagaruyung kenapa belum dilanjutkan, karena leluhur saya dari sana bang". Tanyanya.

Langsung di jawab oleh R Hendri Maulana, "Iya betul, itu jalur dari ayah saya, karena untuk jalur ke Pagaruyung masih dalam penelusuran, jadi masih menunggu kabar dari sana". Jawabnya.

Sejarah dan Zuriah/ Silsilah keturunan Pangeran Arya Jipang/Arya Penangsang, yang tertulis di dalam salinan terdahulu Kitab Al Fatawi tahun 1910 dan Zuriahnya, dikuatkan Fatwa Ahli Waris sejak tahun 1919 dan terakhir Fatwa Ahli Waris Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Tahun 1981, turut serta dalam silaturahim, Sekretaris Jendral Yayasan Lembaga Pemangku Adat Jayakarta (YLPAJ) RB Suryono Mertakusuma dan Wasekjend S. Ahmat Dahlan.
×
Berita Terbaru Update