Notification

×

Iklan

Iklan

Sekjend Yayasan Lembaga Pemangku Adat Jayakarta dari Blora

Senin, 17 Juli 2023 | 02.39 WIB Last Updated 2023-07-16T19:39:45Z

Jurnalis: Sekti Achruni 

Jakarta, PANI News.- Zuriah Pangeran Ratu Jayakarta, RB H Abi Munawir Al Madani Mertakusuma menyerahkan SK Sekretaris Jendral Yayasan Lembaga Pemangku Adat Jayakarta, kepada Suryono/Ratu Bagus Suryono Mertakusuma Bin Yasin Bin Abdullah Manan Bin Dasuki dari Kabupaten Blora pada 15/7/1023.

Melalui pesan whatsapp, RB H Abi Munawir Al Madani Mertakusuma mengatakan, "Benar, Sekjend Yayasan Lembaga Pemangku Adat Jayakarta saat ini bernama Suryono atau RB Suryono Mertakusuma, yang berasal dari Kelurahan Balun Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, selain itu juga beliau memang ada sambung keluarga dengan kami.

Disamping itu, selama ini Yayasan yang sudah berbadan hukum sejak tahun 2020, baru kali ini mulai mengurus surat surat penting, salah satunya ke Kesbangpol, sejak kehadiran Sekjend yang berasal dari Kabupaten Blora, sedikit demi sedikit, program utama kami di bidang Sosial, Keagamaan dan Kemanusiaan mulai berjalan.

Meskipun baru satu Minggu, sudah banyak kemajuan, seperti Pengajuan Surat Keterangan Tercatat di Kesbangpol, Insya Allah, dari kabar Kesbangpol DKI Jakarta, pada Senin, 17/7/2023 sudah bisa diambil.

Selain itu, pendampingan untuk program Keagamaan juga sudah mulai berjalan, dengan membantu legalitas TPQ Nurul Qolbi yang berada di Kelurahan Cililitan Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur, saat ini sudah dalam proses pengajuan.

Sedangkan untuk program Kebudayaan terdekat yaitu, Kirab Pusaka Pangeran Ratu Jayakarta yang berjumlah 7, dan merupakan warisan leluhur Jayakarta, Insya Allah pada hari Selasa 18/7/2023 akan kami kirab, yang tentunya akan di Jamas terlebih dahulu.

Dibidang organisasi, beliaulah inspirator berdirinya Srikandi Jayakarta dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) PENTA.

Sebenarnya sudah lama saya memanggil beliau, namun baru di bulan Juli baru bisa bergabung, dan Insya Allah kami akan lebih laju lagi dalam melestarikan kearifan lokal daerah yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya.

Bukan tanpa alasan kami mengangkat beliau(RB Suryono Mertakusuma), dari yang kami lihat sendiri, memang beliau sangat berpengalaman di bidang pelestarian budaya atau tradisi, seperti saat kirab budaya di Situs Mbah Mayrah/Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah Sorogo saat itu, kami menjadi salah satu tamu kehormatan, yang diberikan fasilitas khusus kereta kencana jika era dulu, kalau yang sekarang ya Dokar wisata.

Dan dengan bergabungnya di Yayasan Lembaga Pemangku Adat Jayakarta, Insya Allah pelestarian tempat tempat bersejarah, tradisi kearifan lokal daerah yang ada di Provinsi DKI Jakarta, bisa lebih maju lagi dan bisa menjadi tujuan pariwisata". Tulisnya.

Sedangkan untuk Kantor Sekretariat Yayasan Lembaga Pemangku Adat Jayakarta beralamat di Jl. Kayu Putih Selatan V No 1 Kelurahan Pulogadung Kecamatan Pulogadung Kotamadya Jakarta Timur.
×
Berita Terbaru Update