Notification

×

Iklan

Iklan

TANGIS HARU KI PASIRAN SAAT TERIMA TOKOH WAYANG KRUCIL DARI CAMAT CEPU

Rabu, 21 Juni 2023 | 07.40 WIB Last Updated 2023-06-21T00:40:04Z


Jurnalis: Solikin

Blora, PANI News.- Tangis haru Dalang Wayang Krucil Ki Pasiran saat menerima Tokoh Wayang Krucil Amir Hamzah, yang saat itu di serahkan oleh Camat Cepu, Budiman pada 16/6/2023.


Purwadi, yang pernah menjadi Camat Cepu pada beberapa tahun lalu, dan ikut menyaksikan pentas seni Wayang Krucil di Situs Mbah Mayrah/Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah Dk Sorogo Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, sempat mengatakan saat Ki Pasiran menerima Tokoh Wayang Krucil, "Jangan Nangis Mbah, ko sepertinya malah gemetar". Ucapnya.

Dari pantauan langsung media saat itu, memang terlihat tangan Camat Cepu dan Tangan Dalang Ki Pasiran sama sama gemetar, setelah Camat Cepu menyerahkan Tokoh Wayang dan diterima Ki Pasiran, langsung tetes air mata keluar dan tak terbendung lagi, sambil memeluk Camat Cepu saat itu, Ki Pasiran terdengar mengatakan, "Matur suwun bapak, atas pemberian tokoh wayangnya, saya siap memainkan dengan segala kemampuan saya, matur suwun juga atas rawuhnya/datangnya di pentas saya saat ini". Ungkapnya, yang kemudian langsung di jawab Camat Cepu, Budiman "Semangat Mbah, semangat Njih". Pungkasnya.

Terlihat suasana haru saat itu, mungkin juga hal baru untuk Camat Cepu memberikan Tokoh Wayang yang akan di mainkan, di Situs yang menurut data panitia, dihadiri pejabat penting dari Tingkat Pusat, Wilayah dan Daerah, meskipun ditempat yang masih sederhana.

Pada saat penyerahan Tokoh Wayang Krucil yang akan dimainkan disaksikan oleh beberapa Pejabat serta tokoh adat seperti, Lurah Ngelo, Sumiyati, Juru Kunci Situs Mbah Mayrah/Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah, Mbah Cuk, Ketua PANI Jawa Tengah Suryono, Penasehat Hukum PANI Jawa Tengah, Adv. Budi Prayitno, S. HI, Tokoh Masyarakat yang juga Pernah Jadi Camat Cepu, Purwadi atau biasa dikenal Pak Ipung.

Sesuai jadwal acara Tokoh Wayang Krucil Amir Hamzah tersebut akan diserahkan oleh Bupati Blora, namun tidak bisa hadir karena satu dan lain hal, kemudian diwakilkan DINPORABUDPAR Blora, namun karena pada saat itu berbarengan dengan kegiatan ditempat lain, jadi hanya saat kirab saja, beruntung Camat Cepu, Budiman, ketika datang sekitar jam 15.00 kurang sedikit, Pentas Lakon Wayang Krucil Amir Hamzah belum dimainkan, hingga bisa memberikan Tokoh Wayang Krucil Amir Hamzah, di depan Makam Mbah Mayrah/Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah.
×
Berita Terbaru Update