Notification

×

Iklan

Iklan

STUNTING MENURUT ANGGOTA DPR RI EDY WURYANTO

Senin, 05 Juni 2023 | 09.45 WIB Last Updated 2023-06-05T02:45:52Z


Jurnalis : Suparmin

Blora, PANI News.- Tentang Stunting  menurut Anggota DPR RI Dr. H. Edy Wuryanto, S. HP. M, Kep di acara Sosialisasi Badan POM RI di Lapangan Bina Taruna Desa Kapuan pada 4/6/2023.

Kepada paninews.com mengatakan, "Blora Stuntingnya masih tinggi sekitar 25%. Bahaya untuk generasi kita kedepan menghadapi bonus geografi 2030-2040.

Mengakibatkan pada saat itu daya saing SDM Blora lemah, kita mau bangun apa lagi kalau tidak bangun SDM, maka pemerintahan daerah Blora harus-harus menurunkan stunting, ini utamanya, masalah perkawinan dini, karena, wanita yang umurnya di bawah 21 tahun menikah, lingkar panggulnya kecil, melahirkan anak dengan lingkar kepala kecil, resiko stunting tinggi.

Yang kedua, ibu hamil kesehatannya harus diperbaiki, calon pengantin harus diseleksi, jangan sampai lingkar lengannya kurang dari 23 cm Anemia.

Saat umur kurang dari dua tahun bayi ini asupan gizi harus cukup, asi juga harus dipenuhi dan sumber nutrisinya diperbaiki.

Karna setelah lewat dua tahun menjadi tidak bermakna, karena lingkar kepala tengkorak menutup di umur dua tahun, jadi kalau dibawah dua tahun kurang gizi, lingkar kepalanya kecil tulang tengkorak bisa menutup dan tak bisa nambah lagi, itulah yang menyebabkan stunting.

Di Golden timenya adalah ketika menikah, hamil lalu melahirkan bayi dibawah dua tahun, gizinya harus diperhatikan.

Stunting berhubungan dengan kemiskinan, selain faktor kemiskinan juga harus diturunkan, ini pr terhebat bagi pemerintahan daerah Blora.

Harus dilakukan upaya -upaya extra trobosan bagi seorang pemimpin di Blora, kalau tidak ada daya saing, SDM lemah, kesejahteraan di Blora, tidak akan meningkat karena persoalan stunting". Ucapnya.
×
Berita Terbaru Update