Notification

×

Iklan

Iklan

DOSEN DARI AMERIKA IKUT KIRAB BUDAYA DI SITUS MBAH MAYRAH KELURAHAN NGELO 2023

Selasa, 20 Juni 2023 | 22.49 WIB Last Updated 2024-06-01T04:24:25Z


Jurnalis: Solikin

Blora, PANI News.- Dosen dari Salah satu Tamu kehormatan saat kirab budaya di Situs Mbah Mayrah/Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah yang berada di Dk Sorogo Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah adalah Prof. Sumarsam, yang merupakan Professor of Music Wesleyan University, CT, USA(United States of America) pada 15/6/2023.


Menurut Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI)Provinsi Jawa Tengah, Suryono mengatakan, 
"Berikut daftar tamu kehormatan yang hadir di Kirab Budaya Situs Mbah Mayrah/Ratu Ayu Mirah/Raden Dewi Maerah Kelurahan Ngelo 2023, saat itu :

1. Zuriah Pangeran Ratu Jayakarta IV, Ratu Bagus H. Abi Al-Madani Mertakusuma.
2. Ketua Umum SENA WANGI (Sekretariat Nasional Wayang Indonesia) Purnawirawan Jenderal TNI Marsekal Madya Bambang Sulistyo/Ketua Bazarnas RI.
3. Prof Sumarsam (Winslow-Kaplan Professor of Music Wesleyan University, CT., USA.
4. Dr. Slamet M. Hum (ISI Surakarta).
5. Dr. Rudi Irawanto, S. Pd, M. Sn (Departemen Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang).
6. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.
7. DINPORABUDPAR Kabupaten Blora.
8. Romo Made (Pendeta Gereja Katolik Willibrordus.
9. Komunitas Perantau Blora di Jakarta (Sekti Achruni dan Keluarga).
10. Sedulur Budaya Bojonegoro.

Ada satu lagi tamu kehormatan yang belum bisa hadir karena satu dan lain hal, yaitu Presiden UNIMA (Union National de la Marionette) Indonesia, yang sejak awal sangat memberikan support untuk terus melestarikan seni wayang krucil, mengingat usia dalangnya saat ini sudah 76 tahun". Ungkapnya.

Ketua Panitia, Sugiyanto, "Alhamdulillah, Kirab Budaya tahun 2023 ini sangat luar biasa, terima kasih kepada PANI (Pasukan Adat Nusantara Indonesia) Provinsi Jawa Tengah, yang mendampingi sejak awal hingga hari terakhir pelaksanaan, dan sukses tanpa kendala.

Meskipun masih ada kekurangan, mohon dimaklumi karena ini event pertama yang dihadiri dari tamu undangan yang datang dari bebagai daerah, bahkan seorang profesor yang tugas di Amerika pun ikut meramaikan acara tersebut.

Mohon doa restunya kedepan bisa lebih baik lagi". Ucapnya.

Setelah Kirab Budaya selesai, sekitar pukul 13.00-15.00, 15/6/2023, masuk acara selanjutnya, yaitu Kajian Seni Wayang Krucil Blora, para tamu kehormatan tersebut, satu persatu memperkenalkan diri, dimulai dari yang pertama dari Ketua Umum SENA WANGI (Sekretariat Nasional Wayang Indonesia) yang merupakan Purnawirawan Jenderal Bintang 3 dari TNI AU, Bambang Sulistyo, yang mengatakan, "Saya apresiasi acara seperti ini, acara baik untuk generasi muda akan datang, tetap lanjutkan, maaf saya setelah sambutan masih ada undangan ditempat lain, jadi belum bisa mengikuti rangkaian acara Manganan/Tasyakuran ini sampai selesai, buat panitia tetap semangat, dan buat PANI juga harus terus mendampingi tempat bersejarah untuk dapat dilestarikan peninggalan peninggalannya". Ceritanya.

Sedangkan menurut Prof. Sumarsam, "Terimakasih atas waktu yang diberikan, sungguh sangat luar biasa acara kirabnya, saya lihat tidak hanya seni Jawa saja tadi yang ikut, Barongsai dan Naga Liong juga ikut meramaikan, dan terima kasih saya mendapat kehormatan menjadi salah satu tamu yang ikut naik Dokar wisata.

Kirain saya hanya kirab biasa dengan berjalan kaki, ternyata tidak". Pungkasnya.

Lurah Ngelo, Sumiyati, "Alhamdulillah acara ini bisa sukses, meskipun persiapan tidak begitu lama, tetapi dari hasil kirab sangat istimewa, saya tida menyangka akan bisa seperti ini acaranya, bagaimana tidak, saya sendiri baru beberapa hari jadi Lurah disini, langsung mengikuti acara yang tamunya tidak hanya dari Blora saja, bahkan dari Amerika, mohon maaf bila dari penyambutan panitia mungkin masih banyak kekurangannya". Jelasnya.
×
Berita Terbaru Update