Notification

×

Iklan

Iklan

PAGELARAN WAYANG KULIT SEDEKAH BUMI DI DESA POJOKWATU

Jumat, 19 Mei 2023 | 22.40 WIB Last Updated 2023-05-19T15:40:15Z

Laporan Redaksi 

Blora, PANI News.- Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka sedekah bumi di Dukuh Brem Desa Pojokwatu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah pada 19/5/2023.





Kepala Desa Pojokwatu, Atok Setyo, "Alhamdulillah bapak ibu, hari ini kita bisa Sedekah Bumi dengan menggelar Wayang Kulit di siang dan malam hari, seperti diketahui, di Desa Pojokwatu ada 3 kedukuhan, 1. Dukuh Pojokwatu, 2. Dukuh Watubrem dan 3. Dukuh Delok.

Saat ini kita berada di Dukuh Watubrem, yang seperti biasa manganan diwaktu setelah panen, kita bersyukur, meskipun tidak mendapatkan hasil panen yang melimpah, tadi ada hasil untuk kita konsumsi sampai panen akan datang.

Terima kasih, Dalang Ki Siswo Handoyo dan Dalang Ki Zamroni dari Randublatung yang bisa Rawuh dalam manganan kali ini". Ungkapnya.

Pantauan langsung awak media, ratusan masyarakat dari Desa Pojokwatu dan sekitarnya ikut hadir dan melihat pagelaran wayang kulit siang maupun malam hari, yang pada saat siang hari di Makam Dukuh Watubrem, saat malam hari di Depan Rumah Kepala Desa Pojokwatu.

Menurut Dalang Ki Zamroni, yang akan tampil malam hari, "Sanggar ini sudah berdiri sejak tahun 2012 sampai sekarang, dan tempat sanggar kami berada di Desa Kutukan Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah.

Pada saat saya tampil, akan menghadirkan 8 sinden, yang usianya mayoritas masih muda, begitu juga pemain gamelannya". Ucapnya.

Pada saat berita ini dinaikan, pagelaran Wayang Kulit bersama Ki Zamroni masih berlangsung.

Sedangkan, menurut Janurman, salah satu penggemar Wayang Kulit dari Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora, mengatakan "Saya sangat mengapresiasi Dalang, Panjak dan Sindennya, terlihat banyak yang muda muda, salut saya, ditengah modernisasi digital, masih banyak generasi muda yang tetap melestarikan seni budaya khas yang ada di Blora". Jelasnya.
×
Berita Terbaru Update