Notification

×

Iklan

Iklan

DALANG KI PASIRAN BLORA MENJADI WAKIL JAWA TENGAH DI UNIMA FESTIVAL BALI 2023

Senin, 24 April 2023 | 22.46 WIB Last Updated 2023-04-24T15:46:43Z

Laporan Redaksi 

Blora, Liputan langsung persiapan Dalang Wayang Krucil dari Sanggar Seni ISNAMUKTI, Ki Pasiran Blora, yang bertempat tinggal di Desa Pojokwatu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, pada 24/4/2023.


Dalang Wayang Krucil Ki Pasiran, kepada awak media mengatakan, "Alhamdulillah, tadi sore sudah dapat kabar dari pendamping kami, bahwa untuk Gladi Bersih Persiapan Ikut UNIMA FESTIVAL di Bali pada tanggal 28/4/2023, dengan terlebih dahulu pentas di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, sudah dikabulkan, besok, tanggal 25/4/2023, kami akan sowan sekaligus pentas disana sekitar jam 19.30-20.30, seperti waktu akan pentas di Bali nanti. Ucapnya.

Sedangkan, menurut Pendamping Sanggar Seni Wayang Krucil 'ISNAMUKTI', yang disampaikan langsung oleh Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) DPD I Provinsi Jawa Tengah, Suryono mengatakan, "Benar, Tadi siang, sekitar jam 11.49 tanggal 24/4/2023, saya mendapat kabar dari Pendopo, bahwa tentang izin untuk Gladibersih Sanggar Seni Wayang Krucil 'ISNAMUKTI', diperbolehkan, namun hanya malamnya saja, karena di hari esoknya akan dipakai.

Saya ucapkan sangat sangat berterima kasih kepada Pemkab Blora, yang sudah mengizinkan pendopo Rumah Dinas Bupati untuk Gladibersih Persiapan Ikut UNIMA FESTIVAL di Bali pada tanggal 28/4/2023 nanti, selain itu, saya juga berharap, ada waktu khusus seperti Wayang Kulit yang sudah punya jadwal pentas secara rutin di Pendopo Rumah Dinas Bupati, karena jika melihat secara langsung, tentang eksistensi Wayang Krucil khas Blora, saat ini sangat butuh perhatian khusus.

Dari data yang ada, baik dalang maupun panjaknya rara rata berusia diatas 50 tahun, selain itu untuk pentas, biasanya 1 tahun hanya 1 kali, itupun di Pesarean/Situs saja, padahal dari sisi nilai sejarah sangat istimewa, apalagi Dalang Ki Pasiran, saat kemarin bercerita, katanya sampai saat ini sudah 55 tahun menjadi dalang Wayang Krucil, dan baru saat ini mendapat tawaran pentas di luar pulau Jawa, lebih lebih, mendapat izin untuk dapat Gladibersih di Pendopo Rumah Dinas Bupati, apalagi bisa bertemu, ceritanya tadi sore". Ungkapnya.
×
Berita Terbaru Update