Notification

×

Iklan

Iklan

SURYONO BLORA, SIAP PERJUANGKAN KEARIFAN LOKAL DAERAH

Selasa, 28 Maret 2023 | 06.57 WIB Last Updated 2023-03-27T23:57:09Z

Jurnalis : Solikin

Blora, PANI News.- Suryono Blora, siap perjuangkan kearifan lokal daerah, seperti yang disampaikan pada 27/3/2023.

Melalui pesan WhatsApp kepada awak media, Suryono yang berasal dari Kelurahan Balun Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, sudah mengikuti one on one dalam rangka wawancara bakal calon anggota legislatif Partai NasDem Jawa Tengah yang berlangsung di Lantai IV Kantor DPW NasDem Jawa Tengah, mengatakan "Saya siap perjuangkan kearifan lokal daerah di Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan sesuai daerah pemilihan nanti.

Dari kunjungan langsung ke tempat kearifan lokal daerah yang ada di Kabupaten Blora, seperti Situs Gedong Ageng Jipang, Situs Mbah Mayrah dan Situs Mbah Ndoro perlu pembangunan lagi, supaya menjadi lebih menarik, sedangkan yang berada di Kabupaten Grobogan, untuk Situs Ki Ageng Tarub memang kondisi Makamnya sudah bagus, tetapi untuk akses dari Desa Kemadohbatur menuju Air Terjun Widuri masih butuh perhatian khusus, apalagi sekitar kolam air terjun, yang menurut cerita penduduk sekitar, merupakan bertemunya Joko Tarub dan Bidadari, kondisi jalannya perlu lebih dibangun lagi, untuk menjaga keamanan pengunjung.

3 situs yang sempat saya sampaikan, dan butuh segera solusi, seperti Situs Gedong Ageng Jipang, Situs Mbah Mayrah Sorogo, Ngelo dan Situs Mbah Ndoro Balun.

Situs Gedong Ageng Jipang saya sampaikan jika suatu saat nanti bisa dibangun kembali Kerajaan atau Kadipaten Jipang yang dulu pernah ada kedalam bentuk bangunan masa kini, tentunya akan sangat menarik bagi pengunjung wisata, bila belum lama ini sudah dibangun Alun Alun Jipang, kedepan seperti Bangunan Gedong Ageng, Masjid Agung Jipang dan yang lainnya di bangun lagi, akan lebih menarik lagi, dan sesuai dengan SK dari Bupati Blora tentang Desa Jipang yang saat ini sudah menjadi Desa Budaya, tentunya simbol simbol budaya juga harus dihidupkan lagi.

Untuk Situs Mbah Mayrah Sorogo yang berada di Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu, juga tidak kalah menariknya, setiap tahun pasti ada pentas Wayang Krucil ditempat tersebut, meskipun fasilitas tidak seperti layaknya tempat pentas seni, namun tetap berjalan.

Kedepan, apabila tempat tersebut dapat dibangun dan bisa dibuat studio seni khusus wayang krucil, tentu akan lebih menarik generasi muda untuk melihat dan belajar seni wayang krucil, Alhamdulillah, tahun ini 2023, sanggar seni yang sering pentas di tempat itu, dapat undangan sebagai salah satu peserta kongres Wayang Internasional di Bali.

Sedangkan Situs berikutnya yaitu Situs Mbah Ndoro Balun, setiap bulan selalu ada bancaan atau tasyakuran, dimana jika ditempat lain hanya setiap tahun, di Situs Mbah Ndoro Balun setiap bulan.

Kondisi fasilitas juga perlu diperbaiki lagi untuk lebih menarik pengunjung yang ingin berwisata religi maupun yang lainnya, karena situs Mbah Ndoro Balun, tidak hanya Religi saja, ada Wisata Edukasi Agro, Ternak Tawon Klanceng, Melihat Pusaka, Melihat Tugu Mbah Ndoro di Pinggir Bengawan Solo dll.

Semua sudah saya sampaikan kepada petugas wawancara dari DPW Partai NasDem Jawa Tengah, karena selama ini baik anggota DPRD Tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pusat sangat jarang yang memperhatikan hal tersebut, padahal seperti di Bali, karena kearifan lokal tetap dilestarikan makanya banyak pengunjung yang datang, baik dari dalam maupun luar negeri."
×
Berita Terbaru Update