Notification

×

Iklan

Iklan

SANGGAR SENI WAYANG KRUCIL 'ISNAMUKTI' SIAP PENTAS DI BALI

Senin, 13 Maret 2023 | 00.21 WIB Last Updated 2023-03-12T17:22:59Z

Jurnalis : Solikin

Blora, PANI News.- Liputan langsung persiapan Sanggar Seni Wayang Krucil Isnamukti yang berasal dari Dukuh Delok Desa Pojok Watu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada 12/3/2023.

Menurut Ketua Sanggar, Dalang Ki Pasiran, yang saat itu sambil memegang wayang Golek dengan Tokoh Mbah Mayrah "Kami sudah siap untuk tampil di Ajang Kongres Wayang Internasional di Bali, yang katanya akan pentas pada tanggal 28/4/2023 nanti.

Segala yang dipersiapkan, seperti pawitran atau kalau di wayang kulit biasa pakai pohon pisang, tetapi di Wayang Krucil menggunakan Kayu yang sudah dilubangi sejumlah wayang yang ada, dan itu sudah saya buat, awalnya saya kaget, la di suruh pentas ko hanya 30 menit, tetapi setelah saya dijelaskan kenapa hanya 30 menit barulah saya paham.

Karena menurut yang mengundang kami, pentasnya maraton atau bergiliran, dan dalangnya bukan hanya dari Indonesia saja, menurut saya ini sangat istimewa, bisa hadir disama mewakili Jawa Tengah, membawa nama Blora di Kancah Internasional". Ucapnya.

Pendamping Sanggar Seni Wayang Krucil Isnamukti, Suryono yang merupakan Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) Provinsi Jawa Tengah mengatakan, "Kagum saya melihat semangatnya Mbah Dalang, dalam waktu satu hari membuat pawitran 40 lubang sudah jadi.

Yang lebih kagum lagi, katanya nanti Mbah Dalang juga akan mementaskan Dalang Wayang Krucil Perempuan, wah ini sungguh istimewa bila terwujud.

Karena, selama ini yang saya lihat, dalang Wayang Krucil yang ada ya laki-laki, tetapi itu sebuah kemajuan, kenapa, ya biasanya tampilnya Wayang Krucil hanya di acara Sedekah Bumi, Manganan/Tasyakuran saja, ini sekali pentas di tingkat internasional". Ungkapnya.
×
Berita Terbaru Update