Notification

×

Iklan

Iklan

PENYERAHAN CATATAN SEJARAH ARYO JIPANG DI JAYAKARTA

Selasa, 21 Maret 2023 | 08.01 WIB Last Updated 2023-03-21T01:02:48Z

Laporan Redaksi

Blora, PANI News.- Penyerahan catatan Sejarah Aryo Jipang/Arya Penangsang saat berada di Jayakarta pada 19/3/2023.

Bertempat di Pendopo Gedong Ageng Jipang Desa Jipang Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, langsung di terima oleh Kepala Desa Jipang, Ngadi, yang didampingi beberapa perangkat desa saat itu, yaitu, Sekretaris Desa, Lamiran dan Kamituwo, Pujo.

Sedangkan, rombongan dari Zuriah Pangeran Ratu Jayakarta Mertakusuma, RB Abi Al-Madani, turut didampingi Ahli Sejarahnya yang biasa disapa Encang Didi, juga hadir Sesepuh Yayasan Lembaga Pemangku Adat Jayakarta, yang biasa dipanggil Pak De, dan berasal dari Kabupaten Pemalang.

Turut mendampingi, Zuriah Pangeran Ratu Jayakarta Mertakusuma, dari Kerajaan Tallo Makassar, melalui Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) Provinsi Jawa Tengah, Laskar Macan Ali Nuswantara Kesultanan Cirebon, melalui Panglima LMA Blora, dan Majlis Is'tiadat Kerajaan Aceh Darussalam Kabupaten Blora, yang semua itu diwakilkan oleh Suryono.

Zuriah Pangeran Ratu Jayakarta Mertakusuma, Ratu Bagus (RB) Abi-Almadani, "Pak Lurah, terimakasih atas sambutan, saya mewakili keluarga besar, Pangeran Ratu Jayakarta Mertakusuma, hanya ingin bersilaturahim, dan memberikan catatan keluarga kami, tentang Aryo Jipang/Arya Penangsang, yang sekitar tahun 1530 menjadi Adipati Jayakarta, cerita sejarah itu, tertulis di dalam Kitab Al-Fatawi, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di catatan yang kami berikan itu". Ungkapnya.

Kepala Desa Jipang, Ngadi, "Alhamdulillah, terima kasih atas kedatangannya, seperti inilah kondisi saat ini, khususnya catatan sejarah Aryo Jipang/ Arya Penangsang pernah menjadi Adipati di Jayakarta, memang saya pernah dengar, tapi untuk sumber cerita tersebut saya belum tahu, dan catatan ini sangat berguna bagi kamu, sebagai masukan lagi, agar Desa Jipang yang konon katanya dulu merupakan Kerajaan/ Kadipaten ko kondisinya saat ini biasa biasa saja, dengan tambahan catatan ini, Insya Allah akan lebih maju lagi". Jelasnya.
×
Berita Terbaru Update