Notification

×

Iklan

Iklan

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BERSAMA PANI JATENG BERKUNJUNG KE SITUS MBAH NDORO BALUN

Sabtu, 11 Maret 2023 | 20.54 WIB Last Updated 2023-03-11T13:55:42Z

Jurnalis : Sugiyanto

Blora, PANI News.- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah bersama Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) DPD I Provinsi Jawa Tengah ziarah ke Situs Mbah Ndoro Balun pada, 9/3/2023.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, melalui bidang Seni, Budi Santoso mengatakan, "Iya, kemarin kami bersama Ketua PANI Jawa Tengah, ziarah bareng ke Makam Mbah Ndoro Balun, saat tiba di pintu masuk situs, kami melihat banyak sekali anak anak yang berkumpul sambil duduk membentuk lingkaran.

Katanya mereka sedang menunggu pembagian Nasi Ingkung Khas dari pengunjung yang tasyakuran karena hajatnya terkabulkan, selain itu juga kami ziarah dan bertemu dengan Juru Kunci Situs Mbah Ndoro Balun, Mbah Yono.

Setelah itu kami langsung menuju ketempat pemilik Sanggar Wayang Krucil yang ada di Desa Pojokwatu, untuk mengingatkan sering sering latihan sebelum pentas di Bali nanti". Ungkapnya.

Ketua PANI Jawa Tengah, Suryono saat dihubungi melalui pesan whatsapp, "Alhamdulillah, setelah menanti sekian lama, akhirnya datang juga, tidak hanya dibantu untuk pentas wayang krucil di Situs Mbah Mayrah, tetapi juga dibantu untuk pentas di Bali, kesempatan emas ini, dan saya ucapkan terima kasih kepada yang turut mendampingi kedatangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, selama di Blora, diantaranya, Ketua PANI Kabupaten Blora, Darsono, Ketua PANI Kecamatan Sambong, Suwardi, Ketua PANI Desa Pojokwatu, Samidi, Sekretaris Perkumpulan Jurnalis Indonesia-Demokrasi Kabupaten Blora, Solikin, Kepala Biro Blora paninews.com, Suparmin dan Wartawan Blora Media www.jurnalnuswantara.online, Yudi, yang ikut mendampingi.

Awal kunjungan Dikbud Jateng menuju melihat Wisata Perahu di Desa Sumberpitu, terus ke Situs Ngloram, tetapi tidak jadi, karena melihat Lontong Opor Pangkat, akhirnya singgah disitu, setelah itu menuju Situs Gedong Ageng Jipang di Desa Jipang, yang di lanjutkan ke Situs Mbah Mayrah yang berada di Kelurahan Ngelo.

Perjalanan setelah melihat tempat biasa pentas Wayang Krucil dilaksanakan setiap tahun, kemudian menuju Situs Mbah Ndoro Balun yang berada di Kelurahan Balun, setelah itu, menuju ke rumah Dalang Wayang Krucil Ki Pasiran yang berada di Dk Delok, Desa Pojok Watu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora, yang sempat berpesan supaya sering latihan untuk persiapan pentas di Bali". Ucapnya.
×
Berita Terbaru Update