Notification

×

Iklan

Iklan

KETUA PJI-D BLORA, MBAH DALANG DAN KADES MULYOREJO NGOPI BARENG DI PASAR TIBAN DESA NGLANJUK

Minggu, 05 Februari 2023 | 20.11 WIB Last Updated 2023-02-05T13:11:38Z

Laporan Redaksi 

Blora, PANI News.- Ketua PJI-D Blora, Ngopi Bareng Mbah Dalang Mul Blora di Pasar Tiban, Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, pada 5/2/2023.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perkumpulan Jurnalis Indonesia (PJI) Demokrasi Kabupaten Blora, Suryono, "Pasar Tiban sudah banyak berubah saat ini, 6 bulan yang lalu, belum ada kolam ikan, sekarang sudah ada, sangat menarik melihat pengunjung makan dipinggir kolam ikan, ada juga yang berfoto Selfi, anak anak terlihat banyak yang memberi makan ikan, sungguh pemandangan pagi hari yang berbeda.

Suasana di tengah sawah Pasar Tiban, tidak seperti di sawah pada umumnya, bila biasanya hanya terlihat petani merawat tanaman padi, di sini terlihat banyak pengunjung yang datang untuk berwisata, seperti menikmati kuliner khas desa Nglanjuk, melihat pemandangan sawah yang masih ada embunnya, atau hanya sekedar ngopi, semua seperti terlihat sangat senang.

Ternyata saat ini sudah ada wahana agro, seperti jambu kristal, jambu merah, juga berbagai macam bibit tanaman ada di Pasar Tiban, memang seperti terlihat masih dalam proses penataan, tetapi jika pengunjung berniat untuk membeli souvenir agro sepertinya sudah tersedia.

Saat saya mencoba mencari pengelola Pasar Tiban, dan bertemu, ternyata sedang ada pengunjung dari Kecamatan Blora, yang merupakan salah satu Dalang Senior, yang biasa dipanggil Mbah Mul, selain itu juga ada Kepala Desa Mulyorejo, Sugiyono yang sudah berkeliling untuk memetik Jambu Kristal yang sudah matang.

Langsung saja pengelola Pasar Tiban saat itu, sedang menemani pengunjung tersebut, Didik mengajak untuk ngopi bareng, dan mengajak untuk berdiskusi tentang kemajuan Pasar Tiban kedepan". Ungkapnya.

Kepala Desa Mulyorejo, Sugiyono, "Jambu merahnya kurang manis ya, sepertinya". Tanyanya kepada Didik.

Langsung dijawab, "Memang jambu merahnya tidak semanis jambu kristal, mungkin karena beberapa hari kemarin sering hujan jadi rasanya agak kurang manis". Jawabnya.

Sedangkan Mbah Mul, mengatakan, "Coba di tanam Pisang Raja, khusus pisang raja, jangan yang lain, jadi bisa ada 2 hal yang bisa langsung di hasilkan, di airnya di tabur benih ikan, diatasnya pohon pisang, tetapi untuk perawatannya cukup 2 tahun, saja, konsepnya setelah 2 tahun, langsung diganti bibitnya, dan tanamnya jangan berbarengan, mungkin akan lebih menarik lagi hasilnya.

Juga pelajari pangsa pasarnya, jangan sampai nanti masuk musim panen, belum dapat pasarnya, terutama tim marketing, harus selalu mempromosikan produk yang dihasilkan dari Pasar Tiban itu sendiri, jika berhasil tentu akan menambah omset, selain dari kuliner dan parkir". Ucapnya.
×
Berita Terbaru Update