Notification

×

Iklan

Iklan

MASJID LANGGAR DALEM TEMPAT MENGAJI ARYA PENANGSANG MURID KINASIH SUNAN KUDUS

Minggu, 08 Januari 2023 | 17.13 WIB Last Updated 2023-01-08T10:13:36Z

Laporan Redaksi

Kudus, PANI News.- Liputan Khusus Langgar Dalem tempat mengaji murid Kinasih Sunan Kudus dari Jipang yang bernama Arya Penangsang pada, 7/1/2023.


Masjid Langgardalem

Foto Lama Masjid Wali

Tampak Gapura di Depan Masjid Wali 

Serambi Masjid Wali


Cerita berawal dari keterangan Informasi Center Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus di Pos Taman Menara Kudus, Afid, yang mengatakan, "Tempat mengaji murid Kinasih Sunan Kudus yang bernama Arya Penangsang, hingga saat ini masih ada, bahkan sudah menjadi Cagar Budaya.

Masjid Langgar Dalem diperkirakan dibangun pada 1458 M / 863 H yang beralamatkan di Desa Langgardalem Kecamatan Kota Kabupaten Kudus Jawa Tengah, terdapat satu ukiran yang berbentuk Trisula Pinulat Naga pada pintu masuk Masjid Langgardalem, selain Arya Penangsang yang pernah mengaji ditempat ini, Kalinyamat yang berasal dari Jepara juga salah satu murid Kinasih dari Sunan Kudus saat itu.

Selain Arya Penangsang pernah mengaji di Masjid Langgardalem, di Desa Jepang juga ada peninggalan bangunan Masjid Wali, dari struktur bangunan ada yang mirip dengan Masjid Al-Aqso Menara Kudus, yaitu ada terdapat Pintu Gapura di depan masjid, tetapi untuk serambinya di Masjid Wali, lebih mirip dengan Masjid Agung Demak, untuk lebih jelasnya, jenengan bisa langsung kesana". Ungkapnya.

Kemudian, Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) DPD I Provinsi Jawa Tengah, Suryono langsung menuju Masjid Wali yang terletak di Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Menurut Ketua PANI JATENG, Suryono, "Saya melihat memang ada kesamaan dengan Masjid Al-Aqso Kudus, untuk Gapura masuk, namun untuk serambi Masjid lebih mirip dengan Masjid Agung Demak, sayangnya saat saya di Masjid Wali, tidak ada satu orang pun yang ada saat itu, ada foto yang menarik disana, yaitu sebuah foto di tahun 1941 yang bertuliskan Masjid Wali (Jipang) Al Ma'mur". Pungkasnya.
×
Berita Terbaru Update