Notification

×

Iklan

Iklan

KAPOLSEK IKUT SOSIALISASI PENANGANAN WABAH PMK BERSAMA DP4 BLORA DI KECAMATAN CEPU

Rabu, 11 Januari 2023 | 18.18 WIB Last Updated 2023-01-11T11:18:10Z





Jurnalis : Suparmin

Blora, PANI News.- Pada Hari Rabu tanggal 11 Januari 2023, pukul 13.30-14.30 Wib bertempat di Pendopo Sasana Widya Praja Kantor Camat Cepu dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Penanganan wabah PMK ( Penyakit Kuku dan Mulut ) oleh DP4 Kab. Blora yang diikuti kurang lebih 50 Peserta.

Hadir dalam kegiatan tersebut : Kepala DP4 Kabupaten Blora (Drh. R. Gundala Wejasena MP ), Camat Cepu/ diwakili Sekcam Cepu ( Endah Ekawati,S.sos, Msi ), Kapolsek Cepu ( AKP Lilik Eko S, SH MH ), Danramil Cepu ( Kapt Inf Surana ), Pegawai DP4 Blora, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Kades/Kalur Se-Kec. Cepu, Pegawai/ Staf Kecamatan Cepu

Camat Cepu yang diwakili Sekcam Cepu Endah Ekawati,S.sos, Msi Mengatakan, "Ucapan salam, hormat kepada Tamu yang hadir dalam kegiatan pada siang hari ini.

Terutama yang wilayah terindikasi PMK, nanti akan dilakukan sosialisasi oleh DP4 Blora.

kita akan bersama-sama mendengarkan penyampaian dari narasumber terkait dengan permasalahan PMK". Ucapnya.

Penyampaian dari Ka DP4 Kabupaten Blora (Drh. R. Gundala Wejasena MP, mengatakan "Wabah Virus PMK menyerang hewan ternak berkuku ganap. dikab. Blora telah kembali mewabah, penyakit PMK , karena wilayah Blora merupakan populasi sapi yang tinggi, banyak sapi yang mati karena wabah PMK yang banyak di wilayah Kecamatan Tondanan. Bahwa PMK di sebabkan oleh virus untuk resiko kematian pada hewan yanag terpapar PMK sangat kecil akan tetapi untuk tingkat penularannya sangat cepat.

Penyembuhan terhadap hewan yang terpapar PMK cukup lama, dan tidak dapat menular kepada manusia. Sedangkan daging hewan ternak yang terpapar PMK bisa di konsumsi asalkan melalui proses pemasakan yang benar.

Saat ini Obat yang di gunakan hanya untuk mengobati gejalanya dan belum ada obat yang dapat menyembuhkan secara 100%. Untuk Pencegahan dapat di lakukan vaksinasi.

Menghindari atau mencegah penularan PMK dapat di lakukan penyemprotan Desinfektan di lingkungan kandang dan sekitarnya. Penutupan lokasi pasar hewan yang berada di wilayah Kabupaten Blora untuk menekan penularan wabah PMK dan pasar akan dibuka ketika wabah PMK di Kabupaten Blora menurun.

DP4 Kabupaten Blora akan membagikan disenfektan untuk wilayah yang terdapat wabah PMK. Wilayah terdapat wabah PMK diwilayah Kecamatan Cepu yaitu Desa Cabean, Kontak aduan permasalahan terkait PMK diwilayah Cepu ( Bp. Sudarsono / 081325283139 )". Ungkapnya.

Sedangkan menurut Kapolsek Cepu, AKP Lilik Eko S, SH, MH, mengatakan, "Ada tiga hal yang kami sampaikan :
1. Menghimbau kepada masyarakat agar rutin melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyakit PMK.

2. Lakukan karantina atau isolasi jika hewan sudah terindikasi PMK dan segera laporkan kepada petugas setempat untuk diberikan perawatan dan pengobatan.

3. Petugas Bhabinkamtibmas supaya lebih giat lagi dalam pengawasan PMK di desanya masing-masing". Jelasnya.
×
Berita Terbaru Update