Notification

×

Iklan

Iklan

SALMA,PUTRI GENRE 2022 IKUT KIRAB PUSAKA KYAI BISMA DI KABUPATEN BLORA

Minggu, 04 Desember 2022 | 20.25 WIB Last Updated 2022-12-04T13:49:22Z

Jurnalis : Sulastri

Blora, PANI News.- Salma, yang merupakan Juara I Duta Genre 2022, yang dalam penulisan judul penulis menggunakan nama putri, sebagai nama adat, beberapa waktu lalu, dan turut serta dalam Kirab Pusaka di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora pada, 3/12/2022.


Seperti terlihat dalam foto, Salma memakai baju bludru dan jilbab berwarna hitam, serta memegang Pusaka tindih Kyai Bethok Kabudhan Singosari, yang didampingi Ayahandanya di sebelah kiri, Romo Ki Ageng Prasto Dwi Wahjono, dan sebelah kanannya, Panglima Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Kesultanan Cirebon Kabupaten Blora, Suryono.

Juara 1 Duta GENRE 2022 (generasi berencana) yang merupakan program dari Dinas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kabupaten Blora beberapa waktu lalu, dengan kelompok sasaran program yaitu, Remaja yang berusia 10-24 tahun tapi belum menikah.

Ayahanda Salma, Romo Ki Ageng Prasto Dwi Wahjono, melalui pesan whatsapp mengatakan, "Selain Pusaka tindih Kyai Bethok Kabudhan Singosari, ada juga 5 Pusaka Tombak yang selalu di kirab di Desa Jipang setiap acara Grebeg Suro yg ikut dikirabkan pada malam ini mendampingi Keris Kyai Bisma yaitu : 1. Tombak Omyang Jimbe Kyai Tadah, 2. Tombak Sapit Abon Kyai Tundung, 3. Tombak Godong Suruh Kyai Mukmin, 4. Tombak Sapit Abon Kyai Pager Mangun, 5. Tombak Kyai Banyak Angkrem.
Yang semuanya banyak mengandung makna spiritual untuk perlindungan Kabupaten Blora agar terhindar dari berbagai bencana dan Kabupaten Blora menjadi semakin sejahtera gemah ripah loh jinawe.

Saya bersyukur, di Kirab Pusaka pada Hari Jadi Blora yang Ke-273, ini Pusaka yang biasa di Kirab pada saat Grebeg Suro Jipang beserta para soreng Jipang diikut sertakan dalam kirab pada tahun 2022, semoga ditahun tahun yg akan datang juga dilibatkan kalau bisa untuk selamanya, tidak hanya kali ini saja." Ungkapnya.
×
Berita Terbaru Update