Notification

×

Iklan

Iklan

MONITORING 5 PILAR STBM DESA CABEAN

Kamis, 24 November 2022 | 23.08 WIB Last Updated 2022-11-24T16:08:27Z

Jurnalis : Suparmin

Blora, PANI News.- Monitoring 5 pilar STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ) Desa Cabean pada 24/11/2022.

Menurut Tenaga Sanitasi Lingkungan UPTD Puskesmas Kapuan, Yulita Ana Erfiyanti, "Sasaran monitoring 5 pilar STBM, adalah, Kunjungan kerumah warga yang memiliki Balita Stunting, jadi kenapa sasarannya kepada balita stunting.

Karna Stunting itu, permasalahannya komplek, bukan hanya kurang gizi atau pola asuh yang salah. Tapi terkait juga dengan lingkungan atau sanitasi yang kurang baik.

5 pilar STBM itu terdiri : 1 Stop buang air besar sembarangan, 2. Mencuci tangan pakai sabun, 3. Pengelolaan air minum dan makanan dalam rumah tangga, 4. Pengelolaan sampah rumah tangga, 5. Pengelolakan limbah cair rumah tangga.

Saran dalam monitoring 5 pilar STBM ini adalah, agar masyarakat lebih memperhatikan dan menerapkan pola hidup sehat dalam 5 pilar STBM sebagai suatu upaya pencegahan dan penurunan angka stunting.

Meningkatkan hygiene personal sanitasi dan lingkungan serta perubahan perilaku untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Ungkapnya.

Selain itu menurut, Siti Rahayu dari Pokja 4 Kecamatan Cepu "Tujuan verifikasi STBM kali ini untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh 5 pilar STBM dengan stunting,memang masih ditemui adanya peng aruh lingkungan namun sebagian besar penyebabnya adalah pola asuh. Dan dihararapkan bila 5 pilar STBM sedang terlaksana secara keseluruhan angka stunting semakin menurun". Ucapnya.
×
Berita Terbaru Update