Notification

×

Iklan

Iklan

METODE KHAS PEMBAYARAN PASAR TRADISIONAL WURA WARI SITUS NGLORAM

Jumat, 18 November 2022 | 16.14 WIB Last Updated 2022-11-18T09:14:38Z


Jurnalis : Sukiswati

Blora, PANI News.- Persiapan Pembukaan Pasar Tradisional Wura Wari Situs Ngloram yang berada di Dukuh Nglinggo Desa Ngloram Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, pada 18/11/2022.











Dari cerita rakyat setempat, pada jaman dulu memang sudah pernah ada, sekitar era kerajaan, namun saat ini hanya tinggal tempat dan cerita, melalui pembukaan ini, diharapkan bisa kembali menghidupkan lagi seperti jaman dulu, seperti yang dikatakan para pedagang yang akan menjadi penjual dagangan khas pada tanggal 19/11/2022.

Diantara pedagang yang saat itu sedang mdmpersiapkan tempatnya, ada Ika, Lilis, Wiwik dan Win secara kompak mengatakan, "Ya senang sekali, bisa menciptakan lapangan kerja bagi ibu ibu, kami berharap pasar ini akan tetap berlanjut terus, sukses dan laris manis dagangan kami". Ucapnya.

Menurut Sekretaris Lurah Desa Ngloram, Abdurrokhman (47), yang saat itu sedang ada di lokasi untuk melihat persiapannya, mengatakan, "Kami sangat apresiasi , sangat mendukung, ini karena budaya, ada semacam inisiasi, untuk istilahnya membedah situs ngloram ini bisa lebih diketahui, sejarahnya bagaimana, itukan penting juga demi generasi yang akan datang, selama ini kita memang belum begitu paham, keberadaan situs ini, jadi kami dari pemerintah desa, saya selaku sekretaris desa, sangat apresiasi dan sangat mendukung, penyelenggaraan ini, dan kemudian jadi agenda setiap tahun, atau rutinitas yang sudah tersusun, menjadi rencana pemerintah desa". Ungkapnya.

Ada hal menarik dalam transaksi di Pasar Wura Wari di Situs Ngloram ini, karena sesuai yang disiapkan panitia, hanya ada 12 lapak atau kios saja, yang dibuka pada tanggal 19/11/2022 pukul 09.00 sampai 21.00, di Area Situs Ngloram.

Selain itu, uang yang digunakan tidak seperti uang pada umumnya di pasar tradisional yang ada, yaitu : 1 = 1000, 2 = 2000, 3 = 3000, dan penentuan harga tidak menggunakan nominal Rp. 500.
×
Berita Terbaru Update