Notification

×

Iklan

Iklan

ZIARAH MAJLIS ISTIADAT DIRADJA KERADJAAN ATJEH DARUSSALAM DI JIPANG

Minggu, 03 April 2022 | 17.57 WIB Last Updated 2022-04-03T10:57:58Z

Jurnalis : Budiyono

Blora, PANI News.- Ziarah Majlis Istiadat Diradja Keradjaan Atjeh Darussalam di Situs Gedong Ageng Jipang pada 1/4/2022.

Ziarah tersebut, seusai ziarah di makam leluhur Radja Atjeh Darussalam yang ada di Blora, yaitu Potjut Meurah Intan, yang masih merupakan canggah beliau.








Saat ziarah, di Situs Gedong Ageng Jipang, ternyata sedang dalam proses penataan pagar makam, Kepala Desa Jipang, Ngadi mengatakan, "Maaf Duli Tuanku, apabila tempatnya masih seperti ini, kebetulan hari ini awal dimulainya penataan pagar makam yang ada di dalam Situs Gedong Ageng Jipang, dan mohon Duli Tuanku berkenan membuka doa di hari ini, sebagai awal dimulainya penataan makam menjadi lebih baik". Ucapnya.

Pengemban/Pengemban Amanah/Waris DiRadja Keradjaan Atjeh Darussalam, DYMM Tuanku Muhammad ( I ) ZN Al-Haj, "Insya Allah, saya bantu doa, sebagai tanda di mulainya penataan Pagar Makam yang ada di Situs Gedong Ageng ini". Ungkapnya.

Sedangkan menurut Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) Provinsi Jawa Tengah dan juga sebagai Panglima Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Kesultanan Cirebon Kabupaten Blora, Suryono, yang turut hadir saat itu, mengatakan, "Saya hanya mengawal dan menjaga tamu agung dari Kerajaan Aceh dan Kerajaan Kampar Riau, yang sebelumnya ziarah ke makam leluhurnya, Potjut Meurah Intan di Blora dan Situs Mbah Ndoro Balun/Pangeran Anom/Penjaringan/Kyai Mbalun, tadi sebelum kesini sempat ke Situs Ngloram Cepu, ternyata disana juga ada acara sedekah bumi.

Harapan saya untuk kedepan, keluarga dari Aceh maupun Riau, apabila ingin ziarah ke Blora, sekalian ke Mbah Ndoro Balun, Jipang dan Ngloram". Jelasnya.
×
Berita Terbaru Update