Notification

×

Iklan

Iklan

KABUPATEN BLITAR DAPAT HIBAH INFRASTRUKTUR DARI KEMENTRIAN PUPR

Kamis, 14 April 2022 | 21.15 WIB Last Updated 2022-04-14T14:15:25Z

Jurnalis : Hasyim

Blitar, PANI News. - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar mendapatkan hibah infrastruktur jalan dari pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar Rp 229,5 miliar.

Disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Blitar, Jumali, SPd.MAP kesepakatan hibah infrastruktur tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah dengan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, M Zaenal Fatah di Gedung BSDM, Jakarta hari ini. “Nilainya Rp 229,5 miliar, digunakan untuk perbaikan dan peningkatan jalan,” ujar Jumali, Kamis (14/4/2022).

Diungkapkan Jumali ikut menyaksikan penandatanganan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Blitar, H Rahmat Santoso, SH.MH, Kepala BPKAD, Kurdiyanto, SE.MM dan perwakilan dari Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi Daerah (TP2ID).

Lebih lanjut Jumali menjelaskan hibah infrastruktur tersebut merupakan salah satu program pemerintah pusat, solusi masalah infrastruktur karena adanya keterbatasan kemampuan keuangan daerah. “Sehingga tidak bisa mencukupi seluruh kebutuhan infrastruktur, diantaranya untuk perawatan dan perbaikan jalan,” jelasnya.

Penggunaan hibah infrastruktur ini, daerah hanya menerima manfaat saja. Sedangkan pelaksanaannya, mulai dari perencanaan seluruhnya dilakukan oleh Kementerian PUPR. “Realisasinya akan digunakan untuk perbaikan dan peningkatan 14 ruas jalan,” terang Jumali.

Adapun 14 ruas jalan tersebut yaitu :

Sumberejo – Dawuhan
Kademangan – Dawuhan
Sumberejo-Suruwadang
Suruwadang-Lorejo
Kaligrenjeng-Tambakrejo
Pasiraman-Kaligrenjeng
Lorejo-Pasiraman
Kedawung-Sumberasri
Kedawung-Penataran
Brongkos-Ngembul
Ngembul -Rejoso
Rejoso-Binangun
Binangun-Mojorejo
Mojorejo-Ringinrejo

Sementara itu Bupati Blitar, Rini Syarifah mengatakan bantuan hibah infrastuktur jalan sebesar Rp 229,5 miliar ini merupakan tahap pertama, masih akan ada tahap berikutnya. “Dimana masih ada hibah tahap kedua sebesar Rp 225 miliar, berupa Sistem Penyedian Air Minum (SPAM),” kata Bupati Blitar perempuan pertama ini.

Wabup Blitar, Rahmat Santoso menuturkan kalau didapatkannya hibah infrastruktur ini, merupakan salah satu bukti hasil kerja nyata Bupati dan Wabup Blitar. “Serta wujud komitmen Pemkab Blitar, dalam upaya memenuhi janji politik untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang banyak dikeluhkan masyarakat,” tutur orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini.

Ditambahkan Wabup Rahmat, selama ini Pemkab Blitar terus berupaya melakukan inovasi memenuhi kebutuhan anggaran pembangunan yang menjadi prioritas. “Baik ke pemprov maupun pusat, termasuk memanfaatkan program pendukung pembangunan daerah untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahtaraan warga Kabupaten Blitar,” imbuhnya.
×
Berita Terbaru Update