Notification

×

Iklan

Iklan

KEARIFAN LOKAL CEPU DI HARI MINGGU

Minggu, 20 Maret 2022 | 09.17 WIB Last Updated 2022-03-20T02:17:01Z



Laporan Redaksi

Blora, PANI News.- Menikmati kearifan lokal di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada 20/3/2022.




Seperti yang dirasakan oleh Juru Kunci Situs Mbah Ndoro Balun, Mbah Yon, yang mengatakan, "Saya begitu menikmati kuliner di Pasar Tiban yang berada di Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Suasana tengah sawah, ternyata asik juga, bersama teman sekolah waktu masih muda, kami janjian untuk bertemu di Pasar Tiban jam 07.00, awalnya saya tidak percaya, kalau ada pasar di tengah sawah yang menurut cerita orang orang ramai dikunjungi masyarakat, eh ketika sampai disana, ternyata benar.

Awal sampai, sudah terlihat suasana yang biasa di kota besar ada tempat wisata, ketika baru masuk lokasi pedagang, pemandangan alam dengan nuansa sawah langsung terasa, mengingatkan masa masa muda dulu, ya Alhamdulillah saya masih bisa merasakan jaman milenial ini, juga tau yang sebenarnya Pasar Tiban seperti apa yang sesungguhnya".

Selain itu, Panglima Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Kesultanan Cirebon Kabupaten Blora, Suryono, "Sangat luar biasa, bisa melihat Pentas Seni Barong khas Blora, di Pasar Kuliner Double Track Balun Saudagaran yang masuk Kelurahan Balun Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Mendengar alunan gamelan dan gerakan pemain barongan, mengingatkan saya saat melihat pentas Barong di Bali, hanya saja yang memainkan disini masih anak anak.

Tapi jika dikemas yang menarik, tidak menutup kemungkinan juga akan sama seperti disana, Bandara Ngloram sekarang sudah buka, hotel di Cepu juga banyak, dan siap untuk menjadi tempat bermalam, untuk wisatawan baik Nasional, maupun Internasional, menurut saya.

Dan mudah mudahan para pemangku kebijakan setempat bisa melihat potensi ini, ya, kalau bisa jangan hanya melihat saja, kunjungilah tempat tempat yang mungkin bisa untuk mendukung ekonomi masyarakat". Ungkapnya.

Untuk jam buka Pasar Tiban dan Pasar Kuliner, dari pantauan langsung hampir sama, sekitar jam 05.30 - 09.00, hanya buka setiap hari minggu.
×
Berita Terbaru Update