Notification

×

Iklan

Iklan

JURU KUNCI MBAH NDORO BALUN BERKUNJUNG DI PASAR TIBAN

Minggu, 20 Maret 2022 | 12.45 WIB Last Updated 2022-03-20T05:45:25Z

Laporan Redaksi

Blora, PANI News.- Juru Kunci Mbah Ndoro Balun, Mbah Yon, berkunjung ke salah satu kearifan lokal di Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada 20/3/2022.


Seperti yang diceritakan oleh Juru Kunci Situs Mbah Ndoro Balun, Mbah Yon, yang mengatakan, "Saya begitu menikmati kuliner di Pasar Tiban yang berada di Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah, khususnya Lontong Sate Ayam di Warung yang tertulis di depannya "Sate Ibu Sri" .

Cara penyajiannya cukup sederhana tapi istimewa, karena satenya langsung di bakar di tempat, dihidangkannya juga tidak memakai piring pada umumnya, tetapi dengan daun jati dan daun pisang, sambil menunggu pesanan sate bakarnya, minuman teh hangat terlebih dahulu disajikan.

Suasana tengah sawah, ternyata asik juga, bersama teman sekolah di STM YOSEF pada tahun 1978 - 1979, waktu masih muda, kami janjian untuk bertemu di Pasar Tiban jam 07.00, awalnya saya tidak percaya, kalau ada pasar di tengah sawah yang menurut cerita orang orang ramai dikunjungi masyarakat, eh ketika sampai disana, ternyata benar.

Awal sampai, sudah terlihat suasana yang biasa di kota besar ada tempat wisata, ketika baru masuk lokasi pedagang, pemandangan alam dengan nuansa sawah langsung terasa, mengingatkan masa masa muda dulu, ya Alhamdulillah saya masih bisa merasakan jaman milenial ini, juga tau yang sebenarnya Pasar Tiban seperti apa yang sesungguhnya".

Sedangkan menurut pedagang sate Ibu Sri, mengatakan, "Monggo tiap minggu mriki maleh, njih, harga per porsi cukup Rp. 4.000 - 5.000, bila tambah lawuh atau sunduk an dan lain lain dihitung sendiri". Ucapnya.

Untuk jam buka Pasar Tiban, dari pantauan langsung, sekitar jam 05.30 - 09.00, hanya buka setiap hari minggu.
×
Berita Terbaru Update