Notification

×

Iklan

Iklan

BRI KANCA CEPU LUNCURKAN BAZZAR QRIS DESA BRILLIAN PASAR TIBAN

Sabtu, 04 Desember 2021 | 23.02 WIB Last Updated 2021-12-04T16:02:32Z

Laporan Redaksi

Blora, PANI News.- Dalam rangka hari ulang tahun BRI KANCA CEPU yang ke-126, peluncuran program Bazzar QRIS Desa Brillian Pasar Tiban yang berlokasi di Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah Indonesia.








Liputan langsung paninews.com pada 4/12, melalui juru bicara BRI KANCA CEPU berinisial AL, mengatakan "Desa Brilian adalah program dari BRI untuk mendukung inisiatif inisiatif desa, jadi setiap desa mempunyai potensi desa, kemudian dari potensi desa itu, dikembangkan dengan membuat inisiatif inisiatif desa, pasar tiban ini adalah salah satu wujud dari inisiatif desa, maka BRI hadir disitu menggali potensi potensi desa dan bersama sama dengan warga desa dan bersama sama dengan aparat desa untuk mengembangkan potensi desanya.

Bahwa potensi di desa Nglanjuk ini adalah benkok desa, yang dimaksimalkan untuk pasar tiban, maka BRI hadir disitu membantu warga Nglanjuk untuk membuat pasar tiban ini, dengan seluruh pedagang kita sematkan QRIS pedagang itu satu, yang kedua semua pedagang kita sematkan dengan QRIS nya jadi, mereka bisa bayar dengan link aja.

Kedua, Desa Brilian ini juga membantu potensi desa, disini saya dengar potensi desanya ada lagi untuk keripik tempe, ada 10 sampai 20 pengrajin atau pedagang menjual keripik tempe, nah BRI hadir disitu melalui program Desa Briliannya membantu warga desa Nglanjuk untuk pelatihan pakaging keripik tempe, dan inisiatif ke tiga dari warga desa Nglanjuk.

Ada katanya pengairan sawah, nah pengairan sawah ini ingin di literasi juga dengan menggunakan apa yang BRI sebut, strawberry billink tagihan, nah itulah program program dari desa wisata brilian dari warga desa untuk warga desa dan bagi warga desa itu maksud saya, jadi program desa brilian itu adalah bagaimana BRI bersama dengan perangkat perangkat desa menggali potensi potensi desa kemudian dengan menggali potensi desa desa itu muncul inisiatif inisiatif kegiatan desa dan BRI selalu bersama warga desa untuk bangkit bersama dalam memberi makna indonesia.

Bahwa warga desa ingin masyarakat yang berkunjung disini baik yang warga desa maupun diluar warga desa Nglanjuk atau mungkin warga jakarta semarang jogja yang mau kesini monggo bisa nanti merasakan menanam padi dengan tangannya sendiri, ini berarti kan wisata to kegiatan wisata jadi wisata desa.

Bagaimana kita bisa menanam padi dengan menggunakan mesin padi, Yanmar yang dimiliki warga desa Nglanjuk karena saya dengar dengan mesin ini mengganti tenaga manusia kwalitas dari padinya jauh lebih baik dan harga padi yang menggunakan mesin Yanmar itu jauh lebih menguntungkan dari sisi petani jadi experiencenya, luar biasa tidak bisa digambarkan dengan kata kata." Ceritanya.

Salah satu pengunjung, Siti Aminah dari Kelurahan Balun Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah mengatakan : "Saya sangat senang sekali dengan adanya pasar tiban ini, selain belanja lauk pauk untuk hari ini, saya sambil mengajak anak anak untuk melihat, pemandangan khas persawahan, kebetulan saat ini musim tanam, lumayanlah tidak hanya bisa bercerita, tetapi langsung bisa menunjukan bagaimana proses penanaman awal padi". Ucapnya.

Masih menurut Siti Aminah yang menambahkan : "Saya hanya belanja menu favorit suami saya, yaitu botok ikan jendil dan ikan wader". Jelasnya.

Sedangkan menurut Susi, salah satu perangkat Desa Nglanjuk,  mengatakan : "Beda ya menikmati kuliner pagi hari di tepi sawah, sambil melihat view yang indah menunya lontong opor, pokoknya mantaplah". Ucapnya sambil tersenyum.

Dari info yang didapat Pasar Tiban ini buka dari jam 05.00 sampai jam 09.00.
×
Berita Terbaru Update